Bupati Sleman Resmikan Program Padat Karya di Wilayah-wilayah Kapanewon Minggir

15
Peresmian Hasil Program Padat Karya di Wilayah-wilayah Kapanewon Minggir (Foto : Pemkab Sleman)

BeritaYogya.com – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, secara resmi meresmikan hasil dari program padat karya di lima lokasi di wilayah Kapanewon Minggir pada hari Minggu (29/10/2023). 

Peresmian program padat karya ini dilakukan di Padukuhan Daratan II, Kalurahan Sendangarum, yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sleman.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman, Sutiasih, menjelaskan dalam laporannya bahwa program padat karya ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat di Kalurahan dalam rangka pembangunan wilayahnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pelaksanaan padat karya di wilayah Minggir ini terjadi di lima lokasi berbeda, yaitu Dusun Daratan I, Kalurahan Sendangarum, dengan proyek talud irigasi, Dusun Kedungprahu, Kalurahan Sendangrejo, dengan proyek talud jalan, Dusun Sutan, Kalurahan Sendangsari, dengan proyek talud jalan, Dusun Dagen, Kalurahan Sumberrahayu, dengan proyek talud jalan, dan Dusun Berakan, Kalurahan Sumberrahayu, dengan proyek talud irigasi.

“Pada tahun ini (2023), Pemkab Sleman menganggarkan program padat karya di 17 lokasi yang tersebar di 17 Kapanewon, salah satunya di Kapanewon Minggir yang difokuskan di Kalurahan Sendangarum,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyatakan bahwa pelaksanaan program padat karya adalah bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk mempermudah akses bagi masyarakat guna meningkatkan produktivitas dan menghubungkan berbagai wilayah melalui pembangunan infrastruktur.

Selain mempermudah akses, Kustini juga melihat pelaksanaan program padat karya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Hal ini karena program padat karya melibatkan masyarakat secara langsung, menciptakan lapangan kerja di tingkat Kalurahan.

“Melalui Padat Karya Produktif ini, kita berharap dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat, mengurangi tingkat pengangguran, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selama kesempatan tersebut, Kustini juga memberikan pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun melalui program padat karya sehingga manfaatnya terus dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sleman juga meresmikan pembangunan sebuah jembatan di Dusun Daratan II yang dibangun dengan dana dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kalurahan Sendangarum, Minggir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here