Gunungkidul Luncurkan Program ‘Optimis Kurika’ untuk Meningkatkan Pendidikan

32
Launching Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (Optimis Kurika) di Gunungkidul (Foto Pemkab : Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta secara resmi meluncurkan program ‘Optimis Kurika,’ yaitu optimalisasi impelementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Gunungkidul. 

Acara peluncuran ini berlangsung di Gedung Kesenian pada Senin (30/10/2023).

Nunuk Setyowati, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, menjelaskan bahwa ‘Optimis Kurika’ adalah istilah yang digunakan oleh Dinas Pendidikan untuk memperbaiki proses pembelajaran guna menciptakan pendidikan yang lebih bermakna dan menegaskan komitmen untuk membentuk siswa yang memiliki profil Pancasila.

Selain itu, dilakukan penyerahan beasiswa kepada 2.349 penerima yang melibatkan pendidikan non formal, SD, dan SMP. 

Selain itu, ada bantuan air sebanyak 51 paket yang diberikan oleh Keluarga Besar Dinas Pendidikan untuk sekolah dan fasilitas umum di Gunungkidul.

Bupati juga secara langsung menyerahkan secara simbolis beasiswa dan bantuan air. 

Dia menekankan bahwa persiapan yang paling penting adalah persiapan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Bupati Sunaryanta juga berharap agar para pendidik dapat beradaptasi dan bertransformasi menghadapi perubahan global yang terus berlangsung.

“Adaptasi adalah kunci yang harus kita siapkan sejak dini agar kita mampu menghadapi tantangan di masa depan. Tugas Bapak dan Ibu guru adalah memiliki inovasi, dan saya percaya bahwa para pendidik mampu beradaptasi dan bertransformasi menghadapi perubahan global,” tutur Bupati

Selain peluncuran program ‘Optimis Kurika,’ acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai stan kreatif yang dihadirkan oleh sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga Pendidikan Kesetaraan.

Pada acara tersebut, turut hadir sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY, BPMP DIY, Direktur BDG, Direktur Andi Offset, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Sri Suhartanta, Ibu PAUD Gunungkidul Hj. Diah Sunaryanta, serta perwakilan dari Dewan Pendidikan Gunungkidul, peserta, dan elemen-elemen terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here