Bupati Sleman Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Budidaya Ikan Nila ke Kelompok Pembudidaya Ikan Makmur Lestari

4
Bantuan Sarana Prasarana Budidaya Ikan Nila di KPI Makmur Lestari (Foto : Pemkab Sleman)

BeritaYogya.com – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyerahkan bantuan sarana prasarana budidaya ikan nila di Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Makmur Lestari, Tambakbayan, Depok, Sleman pada Rabu (22/11/2023). 

Bupati Sleman secara simbolis menyerahkan 15 sarana budidaya ikan nila kepada 15 KPI di seluruh Kabupaten Sleman dalam acara tersebut.

Suparmono, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman, menjelaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari tiga kincir dan 12 pompa hisap dengan total dana sebesar 171,5 juta rupiah. 

Dana tersebut dialokasikan untuk penyediaan sarana budidaya nila, dengan kincir diberikan kepada 3 kelompok pembudidaya ikan, dan pompa hisap untuk 12 kelompok pembudidaya ikan di wilayah Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, Suparmono menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan implementasi dana insentif dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten Sleman yang berhasil mengendalikan inflasi di daerah tersebut.

“Pada Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sleman menerima insentif sebesar Rp 10,2 miliar. Untuk sektor pertanian, Kabupaten Sleman mengalokasikan anggaran sebesar 1,9 miliar,” tuturnya.

Kustini menyatakan kegembiraannya dan mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan. 

Menurutnya, hal ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk mengembalikan dana hibah dari pemerintah pusat kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh mereka.

“Semoga bantuan ini memberikan manfaat, meningkatkan produksi ikan, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here