Dukungan Pemerintah untuk Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 di Papua

9
Deputi Sekretariat Wakil Presiden Bidang Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan sekaligus Sekretaris Eksekutif Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP/BPP) Velix V. (Foto: InfoPublik)

BeritaYogya.com – Pemerintah telah secara aktif mendukung kesuksesan acara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 yang akan diselenggarakan di Biak Numfor, Papua, pada tanggal 1-7 November 2023 mendatang. Persiapan infrastruktur dan koordinasi antara berbagai pihak terus berjalan dengan lancar.

Velix V. Wanggai, Deputi Sekretariat Wakil Presiden Bidang Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, yang juga merupakan ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP/BPP), mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, khususnya keluarga besar masyarakat Papua di Jakarta, dalam acara Pesona Seni Budaya bertema “Soul of STC 2023” di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada tanggal 8 Oktober 2023.

Prestasi dan kerja sama yang luar biasa dari semua kementerian/lembaga (KL) dan pemerintah daerah dalam persiapan acara STC 2023 juga mendapatkan apresiasi dari Velix V. Wanggai.

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, mengungkapkan bahwa semua kementerian memberikan dukungan yang sangat positif untuk kesuksesan STC 2023 yang akan berlangsung di beberapa kabupaten di Papua. Selain itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk hadir menyaksikan STC 2023 di Biak Numfor pada tanggal 1-7 November 2023.

Herry Ario Naap juga menjelaskan bahwa acara STC 2023 akan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya Papua, termasuk tarian kolosal yang melibatkan ribuan peserta serta pemain alat musik tradisional seperti Ukulele, Tifa, dan suling. Acara tersebut juga akan memperkenalkan tradisi adat seperti acara bakar batu.

Dengan tema “Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik” dan tagline “Torang Hebat,” STC 2023 bertujuan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di kawasan Teluk Cenderawasih Papua sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik. Selain itu, acara ini juga merupakan salah satu langkah untuk mempercepat pembangunan di Provinsi Papua sesuai dengan agenda nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Turbey Onisimus Dangeubun, menyatakan bahwa masyarakat di wilayah tersebut sangat antusias menyambut STC 2023 dan bahwa acara ini merupakan titik awal pembangunan dan kemajuan di Papua, khususnya di Teluk Cendrawasih. Masyarakat lokal juga aktif terlibat dalam berbagai aspek penyelenggaraan STC 2023, termasuk acara side event dan puncak acara, serta mempromosikan produk lokal seperti kerajinan, aksesoris, kain tradisional, dan kuliner khas Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here