Elektabilitas Ganjar Unggul di Yogyakarta

6
Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo (Sumber: SahabatGanjar)

BeritaYogya.com – Menurut survei Kolaborasi Strategis terkait elektabilitas Ganjar Pranowo di DIY mencapai 57,7 persen.

Elektabilitas nama Ganjar Pranowo lebih unggul dari Prabowo Subianto (14,7 persen), Anies Baswedan (5,7 persen), Ridwan Kamil (4,1 persen), dan Andika Perkasa (2,6 persen).

“Nama Ganjar Pranowo unggul dalam 10 calon presiden dan perandaian pemilu dilakukan sekarang ini”, kata Chief Operating Officer Kolasse, Satria Aji Imawan, Kamis (29/12/2022).

Masyarakat menimbang beberapa faktor utama saat memilih calon presiden pada pemilihan mendatang.

Sebanyak 37,1 persen masyarakat memprioritaskan rekam jejak pekerjaan calon, 14,5 persen mempertimbangkan popularitas, dan 7 persen percaya bahwa tokoh yang dipilih haruslah sosok yang inovatif atau pembaru.

Dari sisi calon wakil presiden, masyarakat DIY menunjukkan keinginan terhadap Ridwan Kamil dengan persentase sebesar 9,4 persen.

Berikutnya, Sandiaga Uno mendapatkan 7,4 persen, Ganjar Pranowo 6,7 persen, Prabowo Subianto 4,3 persen, dan Erick Thohir 3,4 persen. 

Studi ini dilaksanakan di 50 kelurahan yang berada di lima daerah kabupaten/kota di DIY.

Penyebaran responden didasarkan pada daftar pemilih dari Pemilu 2019. Dari total, ada 484 responden yang terlibat dengan distribusi gender yang seimbang.

Studi ini memiliki margin of error plus minus sekitar 4,45 persen dengan tingkat keyakinan 95 persen. Data dikumpulkan antara tanggal 8 sampai 18 Desember 2022.

Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara langsung. Pemilihan responden dilakukan secara acak dengan metode multistage random sampling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here