Stabilitas Ekonomi dan Politik Jadi Kunci Ketahanan Ekonomi Indonesia

6
Illustrasi Perekonomian (Sumber: Kemenkeu)

BeritaYogya.com – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ketahanan ekonomi yang kuat dalam menghadapi krisis ekonomi global pada tahun 2008.

Terkait hal tersebut  Mualiman D Hadad selaku Duta Besar Indonesia untuk Swiss mengatakan bahwa stabilitas ekonomi menjadi hal penting dalam hal tersebut.

Krisis ekonomi dapat datang secara riba tiba, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Indonesia menghadapi krisis tersebut yang penyebabnya dapat muncul dari faktor internal atau eksternal, ungkap Dubes Mualiman.

Setelah terjadinya krisis keuangan global G20 meluncurkan program program keuangan yang komprehensif untuk meningkatkan ketahanan sistem keuangan global dan juga menciptakan struktur pasar yang lebih terbuka dan terintegrasi.

Untuk Indonesia, Dubes Mualiman mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi negara berkembang membutuhkan dukungan stabilitas politik dan ekonomi.

Pada sektor keuangan stabilitas tersebut sangat ditentukan oleh efektivitas supervisi, regulasi dan koordinasi antara pemerintah dan para pelaku ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here