Indonesia Akan Bergabung Aliansi BRICS?

3
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, bertemu dengan BRICS (Sumber: Kemenlu)

BeritaYogya.com – Indonesia dikabarkan akan bergabung dalam aliansi negara berkembang BRICS. BRICS itu sendiri terdiri dari negara Rusia, India, China, dan Afrika.

Aliansi negara berkembang tersebut bertujuan untuk mempromosikan kerjasama ekonomi dan politik diantara negara negara anggotanya.

Pada bulan Agustus ini aliansi BRICS akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Afrika Selatan.

Kabarnya isu terkait Negara Indonesia akan bergabung kepada BRICS akan dibahas saat KTT tersebut dilaksanakan.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia mengungkapkan bahwa rencana kunjungan kenegaraan ke Afrika selatan tetapi ia mengatakan bahwa kunjungan kenegaraan tersebut masih dalam tahap perencanaan.

“Rencananya Presiden Joko Widodo akan melakukan Kunjungan Kenegaraan, tetapi persiapan kunjungan kenegaraan tersebut masih dalam tahap persiapan. Biasanya rencana  kunjungan baru bisa dikonfirmasi ke publik kalau semua sudah konfirmasi beberapa hari sebelum kunjungan itu sendiri dilaksanakan” ungkap Retno saat ditemui di Kawasan Istana Kepresidenan.

Saat disinggung terkait apakah kunjungan kenegaraan tersebut bertujuan untuk membahas terkait bergabungnya Indonesia ke aliansi BRICS, Retno belum dapat memberi jawaban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here