Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta Resmi Diresmikan oleh Wakil Gubernur DIY

6

BeritaYogya.com – Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), KGPAA Paku Alam X, secara resmi meresmikan Gedung Laboratorium Riset Terpadu di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta pada Jumat (23/02). Sri Paduka berharap kehadiran gedung ini dapat memberikan dukungan yang signifikan terhadap proses belajar mengajar serta memotivasi peningkatan kualitas penelitian.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Sri Paduka saat membacakan sambutan Gubernur DIY di Kampus UPN Veteran Yogyakarta. Ia menekankan pentingnya peran perguruan tinggi dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas, dan berkarakter, sebagai bagian dari upaya menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya turut gembira dengan selesainya pembangunan Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta ini. Ini adalah langkah konkret dan komitmen UPN Veteran Yogyakarta dalam mendukung agenda pemerintah menuju Indonesia Emas 2045,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka juga memberikan apresiasi terhadap penerapan konsep smart campus dan smart building pada gedung tersebut, yang mendukung pencapaian kampus yang berkelanjutan dengan memperhatikan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dengan fasilitas ini, semoga seluruh komunitas akademika dapat lebih termotivasi untuk melakukan penelitian dan turut berkontribusi dalam memajukan sektor pendidikan di Indonesia,” harap Sri Paduka.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi, menjelaskan bahwa Laboratorium Riset Terpadu ini dibangun melalui Skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2023 dan dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang canggih.

‚ÄúSetelah melalui seleksi yang ketat, usulan Laboratorium Riset Terpadu ini akhirnya disetujui dengan tema ‘Laboratorium Riset bidang ilmu, teknologi kebumian, energi, dan lingkungan dalam mendukung peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, hilirisasi sumberdaya untuk mendukung Pemerintah dalam pembangunan industri migas dan minerba,'” kata Irhas.

Irhas juga menyampaikan bahwa Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta telah siap digunakan setelah hampir satu tahun masa pembangunan. Ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selama proses pembangunan gedung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here