Gubernur DIY Dorong Peningkatan Ketersediaan Air Bersih DIY

5
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Gatut Bayuadji pada Kamis (22/02). - Foto: HumasJogja

BeritaYogya.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan dari Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Gatut Bayuadji pada Kamis (22/02). Dalam pertemuan tersebut, Sri Sultan mengemukakan permintaan untuk terus meningkatkan ketersediaan air bersih di DIY.

Gatut Bayuadji, setelah bertemu dengan Sri Sultan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, mengungkapkan bahwa pada tahun 2024 BBWSSO akan melaksanakan program pengendalian sungai Opak serta kegiatan yang mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air di DIY.

“Pada tahun 2024 ini, kami akan melaksanakan program pengendalian sungai Opak dan kegiatan lain yang mendukung ketahanan pangan serta ketahanan air di DIY. Sri Sultan juga meminta kami untuk meningkatkan ketersediaan air bersih di wilayah ini,” ungkap Gatut.

Gatut menyatakan kesiapannya dalam menghadapi berbagai tantangan di DIY, termasuk masalah kebutuhan air bersih dan banjir. “Kami akan mengevaluasi potensi-potensi tersebut, termasuk permasalahan banjir di sungai Opak yang memerlukan kajian lebih mendalam,” tambahnya.

Dalam pertemuan ini, Gatut juga menyampaikan usulan-usulan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2025, termasuk program pembangunan Groundsill di sungai Opak. Groundsill ini bertujuan untuk menjaga dasar sungai agar tidak mengalami penurunan, serta berfungsi sebagai penghalang arus sungai dan potensi banjir.

“Kami juga mengajukan program-program untuk tahun 2025, salah satunya terkait pembangunan Groundsill di sungai Opak dan lainnya,” kata Gatut.

Gatut menambahkan bahwa BBWSSO akan melakukan tindak lanjut secara rinci dengan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral DIY. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi, termasuk upaya mengatasi masalah ketersediaan air bersih di DIY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here