GKR Indonesia Gelar Vaksinasi Bertajuk Bhinneka Tunggal Ika.

66
GKR Indonesia Akan Gelar Vaksinasi Bertajuk Bhinneka Tunggal Ika (Foto:BeritaYogya)

BERITAYOGYA.COM – Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) kembali mengadakan vaksinasi dosis pertama sinovac.

Rencana diselenggarakan Senin dan Selasa tanggal 30 – 31 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 WIB di Sasono Hinggil Kraton Yogyakarta.

Tema kegiatan adalah “Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika” dengan mengambil slogan ‘Satu Nusa Satu Bangsa Satu Tekad Maju Bersama.’

Target sasaran vaksinasi adalah mahasiswa luar DIY yang tengah studi di Yogyakarta.

Tema Bhinneka Tunggal Ika dipilih sebagai salah satu upaya pro aktif GKR Indonesia ikut ambil peran dalam upaya merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih saat pandemi global covid 19 seperti saat ini, semangat kebersamaan dan gotong royong diantara segenap komponen warga sangat diperlukan.

Pelaksanaan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika juga terasa spesial karena berbarengan dengan momentum peringatan tahun ke sembilan disyahkannya Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta No 13 Tahun 2012. Hal ini perlu terus diingatkan bahwasannya salah satu tujuan Keistimewaan DIY sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 5 ayat 1 huruf c adalah “Mewujudkan tata pemerintahan dan tatanan sosial yang menjamin ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.”  Amanat Undang-Undang ini wajib diimplementasi dalam praktek nyata.

Demikian rangkuman informasi yang disampaikan oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam jumpa pers GKR Indonesia Jumat (27/8/2021) siang di Bale Raos Kraton Yogyakarta. Turut mendampingi perwakilan mahasiswa dengan mengenakan busana adat daerah masing-masing. Antara lain Alexsani asal Sorong (Institut Tekmologi Nasional Yogyakarta), Fadel asal Makasar (UAD), Kadek Isna dari Bali (UST), Tifani Amanda asal Ketapang (UST), Kevin dari Sumba (Respati), Asyfha dari Aceh (UNY).

Pada saat pelaksanaan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika diharapkan hadir mengenakan busana daerah masing-masing sebagai simbol bersatu dalam keberagaman (unity in diversity) sekaligus apresiasi atas warisan nilai-nilai budaya luhur Nusantara.

Sejauh ini tercatat seribuan mahasiswa yang mendaftar berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika bakal turut dimeriahkan penampilan kelompok musik tradisional dari IKMD Jawa Barat, tari Bali dan komunitas pelestari seni keprajuritan rakyat. Mereka akan melakukan defile dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Alun-Alun Selatan.

Link pendaftaran Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika : https://bit.ly/vaksinasibhinnekatunggalikaGKRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here