Soft Launching KA Bandara Yogyakarta Internatioanl Airport.

24
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B. Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Foto:BeritaYogya)

Pembangunan Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi.

Kehadiran KA Bandara YIA diharapkan membantu meningkatkan perekonomian dan membantu aksesibilitas masyarakat dengan lebih ramah lingkungan.

Dengan hadirnya KA Bandara YIA, penumpang YIA memiliki tambahan aksesibilitas, sehingga calon penumpang memiliki alternatif moda transportasi dengan waktu tempuh yang lebih cepat, yaitu sekitar 40 menit.

Usai soft launching KA Bandara, 27 Agustus 2021, oleh Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Saat ini, Bandara Internasional Yogyakarta menjadi bandara dengan posisi strategis yang memiliki moda transportasi pendukung yang lengkap,

Soft launching dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengkubuwono X, di Stasiun KA Bandara YIA, serta didampingi oleh Direktur Utama AP I Faik Fahmi beserta jajaran, serta Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo.

Kemenhub telah memastikan aspek keselamatan dari KA Bandara ini dengan melakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta safety assessment terhadap prasarana jalur KA Bandara YIA, yang direncanakan akan beroperasi secara komersial mulai September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here