Gunungkidul Luncurkan ‘Pengembaraan Kebangsaan’ untuk Generasi Muda

12
Pelepasan Peserta Pengembaraan Kebangsaan secara Simbolis (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Bupati Gunungkidul secara simbolis melepaskan puluhan peserta dalam acara “Pengembaraan Kebangsaan” di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul dengan mengibarkan bendera start pada Selasa (24/10/2023).

Johan Eko Sudarto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul, menjelaskan bahwa peserta akan berjalan dari Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul menuju Bundaran Tobong Siyono. 

Di sana, para peserta “Pengembara Kebangsaan” akan menyampaikan deklarasi yang berkaitan dengan kebangsaan dan persiapan untuk pemilu 2024.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kembali semangat kebangsaan dan patriotisme yang dahulu dicontohkan oleh para pendahulu kita, para pahlawan, dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kami ingin nilai-nilai ini diteruskan kepada generasi muda di Kabupaten Gunungkidul,” tutur Johan.

Ia juga menyebut bahwa ada sekitar 80 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, mewakili berbagai organisasi kepemudaan di Kabupaten Gunungkidul, dengan kerja sama dari KNPI.

Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, yang melepas peserta “Pengembara Kebangsaan,” memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.

“Di antara peserta terdapat berbagai organisasi pemuda, dan itulah sumber kekuatan kita. Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat memberikan teladan dan warna kepada orang lain,” ujarnya.

Bupati juga mendorong, terutama kepada pemuda dan masyarakat, untuk ikut serta dalam upaya membangun masa depan Gunungkidul, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

“Kalau hanya ucapan tanpa tindakan dan realisasi seperti kegiatan semacam ini ya sama saja. Mari kita berikan ide dan gagasan tentang bagaimana peran pemuda dan bagaimana sektor keagamaan dapat bersatu, bersatu, dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan,” ajak Bupati.

Pengembaraan Kebangsaan ini diakhiri dengan acara pemaparan tentang kebangsaan di Museum Radio yang terletak di Playen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here