Hyundai Stargazer, Mobil Agresif Tanpa Khawatir

12
Hyundai Stargazer, Mobil Keluarga ( Foto: hyundai.com )

BeritaYogya.Com –  Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 11 Agustus 2022, New Mitsubishi Xpander Cross resmi meluncur untuk pertama kalinya di pasar Indonesia pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di ICE, BSD City, Tangerang.


Hadir sebagai penantang bagi Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz, Hyundai Stargazer menyajikan beragam fitur menarik. Bahkan beberapa diantaranya bisa dibilang lebih lengkap dari para rival yang sudah lebih dulu meluncur pasaran.

Hyundai STARGAZER, inovasi mobilitas untuk setiap perjalanan berkualitas. Akan menjadi standar baru mobil keluarga yang menghadirkan kenyamanan maksimal dan fitur berkelas, serta memberikan ruang luas untuk kebersamaan keluarga terkasih.

Dengan mesin 1.489 cc Multi Point Injection (MPI), dapur pacu yang diadopsi Stargazer bisa dibilang cukup bersaing dengan produksi tenaga 113 tk pada 6.300 rpm dan torsi sebesar 144 Nm di 4.500 rpm.

Bahkan hasil konsumsi bahan bakar juga cukup menarik. Dari hasil pengujian redaksi melalui layar MID pada acara test drive bersama Hyundai di Jawa Timur, hasil yang didapat tidak terlalu mengecewakan. Apalagi rute yang dilewati cukup beragam.

Menggunakan varian tertinggi, yakni Stargazer Prime, perjalanan dimulai dari Surabaya menuju Batu via jalan tol.

Dapat memuat tiga orang penumpang lengkap dengan barang bawaan, mencoba untuk memulainya dengan beradaptasi lebih dulu soal karakteristik dapur pacu dari pemain baru di segmen LMPV ini.

Pengujian dilakukan secara normal, di mana kondisi AC tetap beroperasi termasuk blower pada baris kedua. Untuk bahan bakar, pihak Hyundai mengisi Stargazer dengan bensin RON 92. Pada putaran bawah memang terkesan biasa aja, namun berbeda ketika melintasi jalan tol.

Jika mode berkendara di pilih ke sport, putaran rpm akan langsung naik, tenaga yang digunakan pun lebih padat, yang membuat pedal gas terasa lebih sigap ketika diinjak.

Menariknya, transmisi IVT yang digunakan juga terbilang halus.

Mengemudi memang cenderung agresif, apalagi ketika melintasi jalan tol dengan kecepatan rata-rata 100 kpj dan rpm selalu berada di atas 2.000. Namun saat keluar jalan tol, di mana sajian rutenya mulai menanjak, mode smart bisa menyesuaikan interval perpindahan gigi secara otomatis sesuai gara berkendara pengemudi.

Dengan perjalanan hampir 3 jam dari Surabaya menuju Batu, dan jarak tempuh 110 km, pada MID tercatat rata-rata konsumsi bahan bakar Hyundai Stargaze mencapai 8,3 liter per 100 kilometer (km), atau sekitar 12,04 km per liter (kpl).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here