Indonesia Sambut Kedatangan Kamala Harris untuk KTT ASEAN

8
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris (kanan) - Foto: Kemenparekraf

BeritaYogya.com – Kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris ke Indonesia telah dimulai pada Selasa (5/9/2023). Wapres perempuan pertama di negara adidaya tersebut tiba di Jakarta untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) bersama mitra wicara strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan AS.

Ini adalah kunjungan ketujuh kalinya bagi perempuan yang lahir pada 20 Oktober 1964 itu ke benua Asia, dan yang kelima kalinya ke kawasan Asia Tenggara dalam kapasitasnya sebagai wakil Presiden Joe Biden. Kamala Harris telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul 22.00 WIB dan disambut oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Sebelumnya, Harris telah mengadakan kunjungan kenegaraan ke Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ia juga pernah mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

Pemimpin ASEAN awalnya berharap bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 dengan para mitra dialog dapat dihadiri oleh Presiden Biden, seperti yang terjadi pada KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada 13 November 2022. Namun, sejak awal, Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Biden akan langsung menuju New Delhi, India, untuk menghadiri KTT G-20 pada 9-10 September 2023.

Menurut Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, Washington tetap menjadikan kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN sebagai mitra strategis yang penting dalam kunjungan Harris ke Jakarta. Wapres Harris sangat fokus pada upaya menjaga hubungan Washington dengan semua negara di kawasan Indo-Pasifik, yang tercermin dalam banyaknya kunjungan Harris ke negara-negara Asia dibandingkan dengan kunjungan ke benua lainnya.

Pihak Gedung Putih juga telah mengkonfirmasi bahwa Wapres Harris telah meninggalkan Washington pada Senin (4/9/2023) waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.00 WIB pada Selasa (5/9/2023). Kedatangannya disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Selama dua hari, Harris akan berada di Jakarta untuk mengikuti KTT ASEAN bersama negara-negara mitra strategis.

Wapres Harris dijadwalkan akan mengadakan pertemuan empat mata dengan beberapa kepala negara dan pemimpin pemerintahan yang turut serta dalam KTT ASEAN ke-43 tahun 2023 di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-7 September 2023. Setelah itu, Harris akan kembali ke Amerika Serikat, dan giliran Presiden Biden yang akan terbang ke New Delhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here