Kemenparekraf Dukung Jakarta International Photo Festival 2023: Menyapa Dunia Lewat Seni Fotografi

7
Jakarta International Photo Festival (Foto: Kemenparekraf)

BeritaYogya.com – Penyelenggaraan Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2023 sebagai festival subsektor fotografi berskala internasional diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf). Festival ini berlangsung pada 9 hingga 24 September 2023 di berbagai lokasi di kawasan Blok M, Jakarta.

Menparekraf Sandiaga, saat berbicara dalam acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2023), menyatakan bahwa JIPFest adalah sebuah platform bagi fotografer dan publik untuk bertemu, berdialog, bertukar cerita, dan sebagai ajang bagi karya-karya fotografi untuk mencapai khalayak luas. JIPFest juga telah menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf untuk kedua kalinya.

“Sesuai dengan arahan Presiden, penyelenggaraan acara diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi melalui pergerakan wisatawan ke destinasi. Penyelenggaraan JIPFest diharapkan dapat memperkenalkan atraksi pariwisata Jakarta dari sub-sektor fotografi,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Festival Director JIPFest 2023, Cristian Rahadiansyah, menjelaskan bahwa JIPFest 2023 akan berlangsung di tujuh lokasi yang tersebar di kawasan Blok M. Lokasi-lokasi tersebut termasuk M Bloc Space, Teater Bulungan, Kala di Kalijaga, Kala Karya, Lamandau House, Lokaholik, serta Mal Blok M.

“Nantinya akan ada beragam acara menarik yang dapat dikunjungi. Ini akan mendekatkan fotografi kepada masyarakat, dan akan ada semacam tur wisata kota di sekitar Blok M yang didukung oleh sistem transportasi yang baik,” ujarnya.

Sebagai sebuah acara internasional, JIPFest 2023 akan menghadirkan tokoh-tokoh dunia di bidang fotografi, termasuk Kimberly dela Cruz (Filipina), Gaia Squarci (Italia), Brendan Embser (Amerika Serikat), Tadas Kazakevičius (Lithuania), AikBeng Chia (Singapura), Gerald van der Kaap (Belanda), Hajime Kimura (Jepang), Ranita Roy (India), hingga Pierre-Jérôme Jehel (Prancis).

“Para tamu undangan tersebut akan mengisi berbagai kegiatan, mulai dari talk show, workshop, hingga memamerkan karya-karya terbaik mereka. Selama 17 hari acara, akan ada 16 program dan 72 acara yang akan memeriahkan JIPFest 2023,” kata Cristian.

Selain Menparekraf Sandiaga, beberapa pejabat eselon I dan II dari Kemenparekraf juga turut hadir dalam acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here