Kabupaten Blitar dan Bantul Jalin Kemitraan Multi-Sektor untuk Kemajuan Bersama

11
Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Pemerintah Kabupaten Blitar (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Pemerintah Kabupaten Bantul telah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Blitar, yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama di ruang kerja bupati pada Rabu (15/11/2023). 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, berharap bahwa kerja sama ini akan menghasilkan berbagai kegiatan produktif yang memberikan keuntungan bagi kedua daerah.

“Kabupaten Bantul dan Kabupaten Blitar ini memiliki potensi masing-masing. Harapannya, dengan kerja sama ini, semakin menguatkan potensi yang dimiliki, banyak menghasilkan kegiatan produktif serta menguntungkan,” jelas Halim.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyatakan bahwa terdapat banyak potensi baik di Kabupaten Blitar maupun Kabupaten Bantul yang dapat dijalin kerja sama. 

Meskipun salah satu tujuan kunjungannya bersama sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar adalah mempelajari dan mengeksplorasi potensi wisata di Bantul, ia menekankan bahwa kerja sama tidak hanya terbatas pada sektor pariwisata. 

Rini yakin bahwa sektor lain seperti perekonomian, pertanian, dan peternakan dapat melibatkan kerja sama yang positif.

“Kami ingin kerja sama yang terjalin tidak hanya di pariwisata saja, tapi juga di sektor lain seperti perekonomian, pertanian, perkebunan, hingga UMKM,” tutur Rini.

Pernyataan tersebut didasarkan pada fakta bahwa Kabupaten Blitar memiliki daya tawar yang tinggi, menyumbang 30% produksi telur secara nasional, dan mampu menghasilkan 1,2 ton telur ayam ras setiap harinya. 

Kabupaten Blitar juga menjadi pengendali inflasi nasional dalam hal produksi cabai.

Di sisi lain, Kabupaten Bantul dapat berbangga dengan sektor industri kriya dan pariwisata yang kuat, yang menjadi penopang utama kehidupan masyarakat Bantul. 

Dengan menjalin kerja sama antara potensi yang dimiliki oleh kedua kabupaten, manfaatnya diharapkan dapat lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here