Gunungkidul Meriahkan Puncak Peringatan HKN Ke-59 dengan Serangkaian Kegiatan di Taman Budaya

15
Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 di Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengadakan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 pada tahun 2023. 

Resepsi acara diselenggarakan di Taman Budaya Kabupaten Gunungkidul (TBG) dan dihadiri oleh perwakilan tenaga kesehatan (nakes) dari seluruh Gunungkidul pada Rabu (15/11/2023).

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyampaikan apresiasi kepada semua tenaga kesehatan yang telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengajak seluruh peserta untuk memahami tema HKN ke-59, yaitu “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.

“Kita semua menyadari bahwa kesehatan merupakan investasi penting untuk kemajuan Indonesia. Saya mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesehatan di Bumi Handayani,” tutur Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawati, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan menyambut HKN ke-59 melibatkan berbagai kegiatan seperti Bakti Sosial, Lomba, Seminar Ilmiah bagi Nakes tentang manajemen Ulcus Decubitus.

“Ada senam sehat, podcast, pemberian air bersih untuk 4 wilayah di Kapanewon Tepus, donor darah, dan kunjungan ke lansia miskin dan ODGJ yang dipasung,” tutur Dewi.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi juga mendorong semangat nakes untuk memberikan layanan kesehatan dan edukasi kesehatan langsung ke masyarakat. 

Hidup sehat diimplementasikan sebagai budaya masyarakat Gunungkidul.

“Momentum HKN ke-59 ini dapat menjadi kesempatan untuk merancang dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pasca Covid-19, melalui 6 bidang layanan kesehatan,” ujar Dewi.

Pada acara tersebut, juga diberikan penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangkaian peringatan HKN ke-59 Gunungkidul. 

Forkompimda, seluruh Kepala OPD, Komisi D DPRD Gunungkidul, dan Nakes dari Kabupaten Gunungkidul turut hadir dalam acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here