Kerugian Kebakaran Hutan di Semin Gunungkidul Masih Dihitung

7
Ilustrasi kebakaran hutan (Foto: unsplash)

BeritaYogya.com – Pada Rabu (16/8/2023) petang, kawasan hutan Mboro di Dusun Kalialang, Kalitekuk, Semin mengalami kebakaran. Menurut informasi dari Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto, area hutan yang terbakar mencapai sekitar 1 hektar.

Petugas memerlukan waktu kurang lebih tiga jam untuk bisa memadamkan api di lokasi tersebut. Petugas pemadam kebakaran memerlukan usaha tambahan untuk memadamkan api, yang akhirnya berhasil dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB, kata AKP Arif Heriyanto.

Meskipun penyebab pasti kebakaran dan kerugian yang ditimbulkannya masih belum diketahui, ia mengonfirmasi bahwa hingga saat ini tidak ada korban jiwa. 

Dugaan sementara mengenai penyebab kebakaran adalah aktivitas membakar dedaunan kering di dekat area tersebut. Suprapto, seorang warga Kalitekuk, menyebutkan bahwa kebakaran mulai muncul sekitar pukul 18.30 WIB.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, spekulasi awal menunjuk ke aktivitas pembakaran sampah dedaunan kering di dekat kawasan hutan yang dikelola oleh Pemerintah DIY.

Suprapto menyebutkan pada Rabu malam bahwa selama beberapa hari terakhir telah terjadi aktivitas membakar dedaunan kering di hutan dekat rest area Sekargama. Ia mengatakan kebakaran dimulai dari puncak bukit.

Namun, angin kencang menyebabkan api menyebar dan mendekati tepi jalan, sehingga membuat warga khawatir. Akibatnya, tim pemadam kebakaran dipanggil untuk mengatasi situasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here