Konser Yogyakarta Royal Orchestra untuk Menggaungkan Hari Penegakan Kedaulatan Negara

8
Yogyakarta Royal Orchestra (Foto: Tangkapan Layar)

BeritaYogya.com – Dalam rangka memperluas pengaruh Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) tahun 2024, DIY akan menggelar konser Yogyakarta Royal Orchestra di Aula Simfonia Jakarta pada Jumat (01/03) mendatang. HPKN, yang diakui sebagai hari besar nasional sejak tahun 2022, awalnya berasal dari DIY untuk memperingati peristiwa sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949. Namun, upaya untuk mengangkat kesadaran nasional terhadap peringatan ini diwujudkan dengan memindahkannya ke Jakarta.

Sekda DIY, Beny Suharsono, menjelaskan bahwa HPKN bukan hanya milik Yogyakarta, meskipun peringatan sejarah dimulai dari sana. Untuk menggaungkan HPKN secara lebih luas, DIY akan mengadakan konser pada tanggal 1 dan 2 Maret 2024, dengan melibatkan Yogyakarta Royal Orchestra dan mendatangkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri yang mengawal penetapan HPKN.

Dalam konser dengan kapasitas 1000 kursi tersebut, diharapkan kehadiran menteri-menteri, duta besar negara sahabat, dan bahkan Presiden. DIY juga mengundang UMKM untuk memamerkan produk berkualitas secara nasional. Meskipun peringatan dipindahkan ke Jakarta, DIY tetap akan menyelenggarakan acara tradisional seperti upacara dan tirakat di Jogja.

Beny menekankan bahwa acara ini akan dievaluasi untuk melihat keberhasilannya dalam menggaungkan dan memperkuat makna HPKN sebagai milik Indonesia. Sebagai peristiwa nasional, HPKN seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, dan inisiatif dari pusat dapat lebih menyebar pengetahuan bahwa Serangan Umum 1 Maret bukan hanya peristiwa lokal, melainkan nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here