Koperasi Hadapi Tantangan Digital, Dr Stevanus Ajak Masyarakat Perkuat Ekonomi Rakyat

13

BeritaYogya.com – Dalam acara diskusi yang diadakan di Kantor Kelurahan Gunungketur pada Jumat, 15 Maret 2024, Dr. R. Stevanus Christian Handoko, S.Kom., MM, Anggota DPRD DIY Komisi D, menyoroti pentingnya koperasi dalam memperkuat ekonomi rakyat dan membangun masyarakat yang inklusif.

Dr. Stevanus menekankan bahwa koperasi memiliki peran vital dalam memberdayakan anggotanya untuk mencapai kemakmuran bersama. Namun, dia juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh koperasi, terutama dalam mengadopsi teknologi digital dalam proses bisnis mereka.

“Penggunaan teknologi digital menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing koperasi,” ungkap Dr. Stevanus. “Namun, tantangan utamanya adalah investasi besar dan kesiapan sumber daya yang diperlukan untuk migrasi ke sistem digital.”

Tidak hanya itu, koperasi juga harus bersaing dengan platform digital seperti ecommerce dan layanan keuangan digital yang menawarkan kenyamanan dan efisiensi tinggi bagi konsumen.

Salah satu tantangan yang harus diatasi adalah memastikan inklusi digital bagi semua anggota koperasi. 

“Tidak semua anggota memiliki akses atau keterampilan dalam menggunakan teknologi digital,” tambah Dr. Stevanus. 

“Oleh karena itu, koperasi perlu menyediakan pelatihan dan pendidikan digital bagi anggotanya agar tidak tertinggal dalam era digital.”

Dalam diskusi tersebut, Dr. Stevanus juga menyebutkan enam alasan pentingnya digitalisasi dalam koperasi, termasuk jangkauan pasar yang luas, tren pencarian internet, kemudahan bertransaksi, komunikasi antar anggota yang lebih mudah, penjualan produk koperasi secara online, serta administrasi yang mudah dan transparan.

Anggota Dewan Milenial DPRD DIY ini  mengajak masyarakat untuk mendukung perkembangan koperasi dan inklusi digital agar dapat memperkuat ekonomi rakyat dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta berkeadilan bagi semua pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here