Menteri Perdagangan Kena Semprot Anggota DPR RI: Beras Mahal Karena Alasan Alam Tidak Masuk Akal

7
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat Rapat Kerja Bersama DPR RI (Foto: Tangkapan Layar)

BeritaYogya.com – Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta mengkritik pendekatan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang sering kali menyalahkan alam sebagai penyebab kenaikan harga beras di Indonesia. 

Menurut Parta, penggunaan alasan alam secara berulang-ulang tidak dapat terus menerus diterima, terutama dari pejabat negara seperti Mendag. Dia berpendapat bahwa pemerintah seharusnya telah mampu memprediksi masalah iklim seperti ini.

Parta menyampaikan kritiknya saat rapat kerja bersama Menteri Perdagangan, Direktur Utama Perum Bulog, Direktur Utama ID Food, dan Direktur Utama PTPN III. 

Dia menegaskan bahwa Indonesia dengan iklim tropisnya seharusnya mampu mengantisipasi kondisi seperti ini tanpa terus-menerus menyalahkan El Nino. 

Parta juga menyoroti kecenderungan untuk mudah menyalahkan alam, bahkan oleh orang-orang yang tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi.

Dia mengkritik sikap yang mudah menyalahkan alam dan menganggapnya sebagai tindakan yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya, lebih baik jika kita mengakui masalah yang ada dan mencari solusi yang tepat daripada hanya mencari kambing hitam dalam alam.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli telah menjelaskan bahwa kenaikan harga beras disebabkan oleh El Nino yang mengakibatkan pergeseran musim tanam dan panen. Namun, Parta menegaskan bahwa penggunaan alasan alam sebagai penjelasan tunggal tidak cukup memadai dan mengundang kritik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here