Kota Yogyakarta Pamerkan Jejak Perubahan Malioboro di Mall Pelayanan Publik

3
Pameran Arsip di Mal Pelayanan Publik Kompleks Balaikota ( Foto : Pemkot Jogja )

BeritaYogya.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogya telah kembali menggelar pameran arsip dengan judul ‘Jejak Nyata Keistimewaan Malioboro’. 

Acara pameran ini berlangsung mulai dari tanggal 18 Oktober hingga 31 Oktober 2023 dan berlokasi di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kompleks Balaikota Yogya.

Afia Rosdiana, Kepala DPK Kota Yogya, menjelaskan bahwa tujuan dari pameran ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat khazanah arsip yang dimiliki oleh Pemkot Yogya. 

“Arsip, sebagai sumber primer, merupakan bagian dari informasi yang dapat dipercaya dan diandalkan,” tutur Afia saat berbicara di lokasi pada Rabu (18/10/2023).

Lebih lanjut, dalam pameran ini, khazanah arsip berupa foto tentang perubahan kawasan Malioboro pada tahun 1974 dipamerkan. 

“Jejak-jejak tersebut kini dapat dilihat dalam bentuk fisik maupun melalui arsip teks dan foto yang dikelola dan dijaga oleh DPK Kota Yogya,” imbuhnya.

Pembukaan pameran dilakukan oleh Patricia Heny Dian Anitasari, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, yang sangat mendukung acara tersebut. 

Menurutnya, pameran ini membuktikan kontribusi besar Pemkot Yogya dalam sejarah istimewa DIY.

Heny juga menyoroti pentingnya pelestarian arsip sebagai sumber informasi sejarah, dan ia berpendapat bahwa informasi ini perlu secara rutin dihadirkan kepada masyarakat. 

Ia berharap pameran ini memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat serta berharap agar acara semacam ini dapat diadakan secara berkala dengan tema-tema yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here