Kota Yogyakarta Rayakan Harhubnas dengan Peningkatan Transportasi

12
Upacara Peringatan Harhubnas di Lapangan Kompleks Balaikota Jogja ( Foto : Pemkot Jogja )
Upacara Peringatan Harhubnas di Lapangan Kompleks Balaikota Jogja ( Foto : Pemkot Jogja )

BeritaYogya.com – Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 telah diselenggarakan pada pagi hari Senin (18/9) di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta. 

Upacara tersebut dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, sebagai inspektur upacara dan dihadiri oleh pegawai ASN dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam pidatonya, Singgih menyampaikan bahwa peringatan Harhubnas dengan tema “Melaju untuk Transportasi Maju” sangat relevan dengan misi Indonesia Emas 2045. 

Dalam konteks ini, para ASN diminta untuk terus melakukan perbaikan, mempercepat pembangunan, dan meningkatkan pelayanan. 

Perhubungan sebagai sektor memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan bangsa dan negara.

“Sukses pembangunan kita sangat tergantung pada peran transportasi sebagai penghubung berbagai aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, kita semua harus bekerja bersama secara konsisten untuk melakukan transformasi dan inovasi dalam sektor transportasi,” tuturnya.

Singgih juga menggarisbawahi dukungan pemerintah kepada semua pemangku kepentingan di sektor transportasi agar dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur transportasi yang telah dibangun, dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dalam pencapaian positif di sektor transportasi, masih ada banyak aspek yang perlu diperbaiki, seperti peningkatan konektivitas, integrasi antar moda, peningkatan pengetahuan, dan kedisiplinan berlalu lintas, untuk menjadikan Yogyakarta sebagai kota dengan sistem transportasi yang aman dan berkeselamatan,” ucap Singgih.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, menjelaskan bahwa Harhubnas di Kota Yogyakarta dirayakan dengan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan bakti sosial, pendidikan kesadaran lalu lintas bagi anak-anak usia dini dan orang tua, serta kerjasama dengan pihak Kepolisian dalam melakukan uji emisi kendaraan bermotor.

“Kami berharap kesadaran masyarakat terkait uji emisi kendaraan terus meningkat, ini bagian dari menjaga lingkungan yang berkelanjutan, dan juga menjadi lebih patuh dan disiplin dalam berlalu lintas, demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” ujar Agus setelah upacara Harhubnas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here