Kotagede Merayakan Pembukaan Omah Budaya dengan Penuh Antusias

18

BeritaYogya.com – Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo, secara resmi membuka Omah Budaya Kidang Alas yang terletak di RW 05 Gedongkuning, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede.

Upacara peresmian ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan prasasti pada Sabtu malam (25/11/2023).

Singgih menyambut baik pembangunan rumah budaya tersebut, menganggapnya sebagai pusat pelestarian budaya yang mampu menyatukan warga.

“Keberadaan rumah budaya ini menambah kekayaan budaya dan mencerminkan harmoni keberagaman adat dan budaya di Kota Yogya,” tutur Singgih.

Singgih menegaskan pentingnya melestarikan berbagai bentuk seni dalam pengembangan budaya daerah.

“Pemkot Yogya berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan seni budaya di kota ini,” ujarnya.

Dia berharap rumah budaya tersebut dapat melengkapi fasilitas seni dan budaya untuk merawat serta mengembangkan kreativitas masyarakat.

Ketua panitia acara, Heru Sanyoto, menjelaskan bahwa Omah Budaya Kidang Alas akan difungsikan sebagai tempat pertunjukan berbagai seni.

“Rumah Budaya ini juga menjadi tempat untuk menampung aspirasi masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan,” ungkapnya.

Keberadaan Omah Budaya ini, tambahnya, mencerminkan kasih sayang masyarakat Gedongkuning terhadap seni budaya.

Heru berharap dengan adanya bangunan ini, berbagai kegiatan dapat berjalan lebih efisien dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan budaya di Kota Yogya.

“Semoga rumah budaya ini juga dapat ikut berperan dalam pembentukan karakter bangsa,” tutur Heru.

Salah satu warga RW 05 Gedongkuning, Laksmono, menyatakan rasa syukurnya atas peresmian rumah budaya tersebut.

“Dengan diresmikannya rumah budaya ini, warga Gedongkuning dapat lebih solid, terutama karena banyak sanggar tari di Gedongkuning. Tempat ini dapat menjadi sarana untuk mengembangkan bakat anak-anak Gedongkuning,” ujar Laksmono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here