Langkah Sukses Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Menghadirkan Perubahan Birokrasi Digital

4
Plh. Sekda Setiawan Wangsaatmaja (Foto: Humas Jabar)

BeritaYogya.com – Plh. Sekda Setiawan Wangsaatmaja telah menyampaikan bahwa seluruh pemerintah daerah di Indonesia dapat mengambil inspirasi dari kesuksesan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengubah struktur birokrasi melalui inovasi digital.

Transformasi birokrasi di Pemerintah Provinsi Jabar didorong oleh Dinas Komunikasi dan Informatika yang berperan sebagai motor penggerak utama. Model ini kemudian dijadikan sebagai standar bagi pemerintah daerah di tingkat kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk mengikuti langkah serupa.

Saat menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) di Novotel, Kota Balikpapan, pada Kamis (14/9/2023), Sekda Setiawan mengungkapkan keinginan untuk berbagi pengalaman. Dia menyatakan bahwa jika provinsi lain ingin mempelajari bahkan mengadopsi model transformasi digital yang telah dilakukan di Jawa Barat, mereka sangat terbuka untuk itu. Setiawan juga menekankan bahwa kemajuan Indonesia tidak hanya bergantung pada Jawa Barat saja.

Dalam pesannya kepada perwakilan Diskominfo yang hadir, Setiawan mendorong agar birokrasi pemerintahan mulai mengintegrasikan teknologi digital ke dalam rutinitas mereka sehari-hari. Dia membagikan contoh bahwa di tempat kerjanya, dia tidak menggunakan berkas kertas sama sekali dan hanya mengandalkan laptop dan komputer dalam pekerjaannya.

Setiawan menekankan bahwa ketika teknologi informasi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, akan ada banyak pelajaran yang dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan di tingkat birokrasi. Hal ini menciptakan peluang untuk menjalankan berbagai aplikasi teknologi dalam rutinitas pekerjaan.

Setiawan yakin bahwa jika birokrasi dapat bertransformasi secara digital, hal ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Dia juga menggarisbawahi bahwa perubahan digital saat ini akan memiliki dampak signifikan pada masa depan birokrasi.

Ia berharap bahwa seluruh Dinas Komunikasi dan Informatika di Indonesia akan mengikuti arah yang sama, yaitu menuju transformasi digital sebagai bagian dari upaya mereformasi birokrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here