Pameran Kriyanusa: Keberagaman Produk Khas Jawa Tengah

3
Ibu Negara, Iriana Jokowidodo di Pameran Kriyanusa Jawa Tengah (Foto: Humas Jateng)

BeritaYogya.com – Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, bersama dengan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Wury Ma’ruf Amin, ditemani oleh Penjabat Ketua Dekranasda Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, ketika mereka mengunjungi stan Provinsi Jateng di pameran Kriyanusa, Jakarta, pada Rabu (13/9/2023). Berbagai produk khas daerah dipajang, termasuk aromaterapi, kain batik, hiasan dari tembaga, produk fashion berbahan goni, tas, dan batik ecoprint.

Selama kunjungan tersebut, Pj Ka Dekranasda Jateng mengapresiasi pameran Kriyanusa yang berlangsung hingga 17 September 2023 mendatang. Dia menekankan bahwa produk yang dipajang semakin bervariasi dan memiliki harga yang terjangkau.

Pj Ka Dekranasda Jateng juga mengundang masyarakat, khususnya warga Jakarta, untuk datang ke Kriyanusa dan membeli produk-produk asli dari Jawa Tengah.

Menurut Pj Ka Dekranasda Jateng, produk-produk dari Jawa Tengah semakin beragam, dikemas menarik, dan bahkan memiliki kualitas ekspor. Contohnya, produk dari Septy Kandhimas dengan merek Etnik-K Indonesia, yang mengolah limbah goni menjadi sepatu, tas, dan produk lainnya.

Produk aromaterapi juga menjadi daya tarik, termasuk cairan atau minyak diffuser yang sebanding dengan produk luar negeri. Selain itu, terdapat berbagai jenis lilin yang dikemas dengan variasi menarik.

Melihat produk-produk berkualitas ini, Ka Pj Dekranasda Jateng mendorong stafnya di daerah untuk membantu perajin dalam memasuki pasar ekspor. Hal ini juga bertujuan untuk memperkuat pasar lokal.

Peni Dinar, seorang penjual asal Jateng, merasa senang dan bangga. Ibu Negara memilih untuk membeli salah satu boneka Shibiru buatannya, terutama setelah beberapa boneka buatannya sudah terjual.

Peni juga mengungkapkan bahwa Ibu Negara sebelumnya pernah membeli salah satu bonekanya di pameran beberapa tahun yang lalu. Boneka tersebut juga diperuntukkan bagi cucu Ibu Negara, yaitu Sedah Mirah dan Lembah Manah, yang sangat menyukai boneka berbentuk kucing.

“Kami sangat senang dan bangga karena Ibu masih mengingatnya. Walaupun sudah lama, Ibu masih mengingatnya,” ungkapnya dengan bangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here