Pasar Lawas Mataram Membuka Kembali Jendela Nostalgia Kuliner

17
Pasar Lawas Mataram Kotagede (Foto : Pemkab Bantul)
Pasar Lawas Mataram Kotagede (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Masjid Gedhe Mataram dalam sejak tiga hari yang lalu membuat masyarakat yang lewat akan menikmati pemandangan yang berbeda. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kompleks masjid yang terletak di Jagalan, Kotagede, telah dipilih sebagai tempat diadakannya Pasar Lawas Mataram yang dibuka pada Jumat (15/9/2023).

Dalam pelaksanaan Pasar Lawas Mataram yang kelima ini, sebanyak 52 stan makanan dan minuman akan memajang berbagai hidangan klasik dari masa lalu. 

Beberapa di antaranya termasuk sate kolang-kaling, ketan berbagai varian, tempe bacem, kluwe telo, pis kopyor, adong-adong, dan berbagai hidangan klasik lainnya.

Pameran kuliner ini akan memicu kenangan masa lalu yang menghangatkan hati bagi pengunjung paruh baya, sementara generasi muda akan mendapatkan pengetahuan baru tentang kekayaan kuliner daerah Mataram.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, yang menghadiri dan membuka resmi Pasar Lawas Mataram, menyatakan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk pelestarian dan penghargaan terhadap warisan budaya. 

Selain itu, hal ini juga menjadi platform untuk mempromosikan potensi Jagalan, yang juga merupakan bagian dari zona inti dalam kawasan bersejarah Kotagede.

“Pasar Lawas Mataram adalah wujud dari pelestarian dan penghormatan terhadap budaya. Cara leluhur kami mempersiapkan dan mengolah makanan di masa lalu, kini kami hidangkan kembali,” tutur Joko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here