Pasar Murah Beras SPHP diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul untuk Mencegah Inflasi dan Stabilitas Pangan

8
Dinas Perdagangan Gunungkidul (Foto: Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Senin, 4 September 2023, Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Bulog menyelenggarakan pasar beras murah bernama SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) di Kapanewon Paliyan.

Kepala Dinas Perdagangan, Kelik Yuniantoro, S.Sos,.MM, mengatakan bahwa program ini dilakukan untuk menjaga inflasi dan stabilitas pangan serta mengantisipasi dampak El Nino.

Pasar murah akan dimulai di Kantor Kapanewon Paliyan pada 4 September, Kalurahan Karangasem pada 6 September, Padukuhan Trowono B pada 11 September, dan Kalurahan Baleharjo pada 13 September.

Semua lokasi memiliki kuota rata-rata 4 ton. Tujuan dari program beras SPHP adalah menstabilkan harga di tingkat konsumen yang saat ini berada di atas HET.

Program SPHP beras bertujuan untuk menstabilkan harga di tingkat konsumen yang saat ini berada di atas HET. Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 67 tahun 2023 tentang HET beras menetapkan HET di tingkat konsumen pada Rp 10.900/kg, dari sebelumnya Rp 9.450/kg, yang berlaku mulai 1 September 2023.

Pelaksanaan pasar murah ini sangat dinantikan oleh masyarakat. Kuota empat ton telah dibeli dalam waktu singkat.
Ini adalah tanggapan yang positif karena masyarakat merasakan manfaat dari inisiatif ini, terutama di tengah kenaikan harga beras di pasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here