Pemerintah Kabupaten Bantul Dukung Program Bantul BERSAMA melalui Lomba Daur Ulang Plastik

11
Salah Satu Hasil Lomba Kreasi Daur Ulang Plastik ( Foto : Pemkab Bantul )
Salah Satu Hasil Lomba Kreasi Daur Ulang Plastik ( Foto : Pemkab Bantul )

BeritaYogya.com – Perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup adalah aspek penting yang perlu dijunjung tinggi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya.

Sayangnya, belum semua individu memiliki kesadaran dan komitmen yang kuat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Dalam rangka mengedukasi dan memotivasi masyarakat, terutama kalangan wanita, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bantul telah menyelenggarakan Lomba Kreasi Daur Ulang Plastik  di Bangsal Rumah Dinas Bupati pada Sabtu (7/10/2023).

Sri Pujiati Fatoni, Ketua Penyelenggara acara ini, menyatakan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan dukungan terhadap program Bantul BERSAMA (Bersih Sampah 2025) yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. 

Selain itu, melalui acara ini, mereka berusaha untuk mencari inovator yang bisa menginspirasi masyarakat bahwa sampah plastik, yang awalnya dianggap tidak memiliki nilai ekonomis, dapat diubah melalui ide kreatif menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Sri Pujiati juga mengungkapkan bahwa peserta Lomba Kreasi Daur Ulang Plastik berasal dari 17 organisasi anggota GOW. 

Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari perwakilan DLH (Dinas Lingkungan Hidup), DKUKMPP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Koperasi, dan Perdagangan), serta praktisi pengolahan sampah. 

Pemenang lomba akan menerima hadiah berupa dana pembinaan dan piala dari Bupati Bantul, yang akan diserahkan pada peringatan Hari Ibu tahun 2023 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here