Pemerintah Kota Yogyakarta Sediakan Pembekalan Keterampilan untuk Calon Purna Tugas

16
Dokumentasi Pembekalan Keterampilan Calon Purna Tugas (Foto : Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Sebanyak 112 karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta mengikuti pembekalan keterampilan bagi calon purna tugas Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2023 di Ruang Bima Balai Kota Yogyakarta pada Selasa (14/11/2023). 

Dalam sesi arahan ini, calon purna tugas diberikan pengetahuan administrasi serta keterampilan dan wirausaha tematik.

Singgih Raharjo, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kontribusi serta pengabdian para calon purna tugas selama bertugas di Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Terima kasih atas pengabdian bapak ibu sekalian selama ini. Sekarang saatnya untuk merenung dan mempersiapkan diri agar siap menghadapi kehidupan sehari-hari yang berbeda setelah purna tugas nanti,” tuturnya.

Singgih juga menyarankan agar tidak memaksakan diri dan melanjutkan kehidupan sesuai kemampuan masing-masing. 

Menurutnya, setelah purna tugas adalah waktu yang tepat untuk menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh selama bertahun-tahun untuk memberikan kontribusi lebih lanjut bagi masyarakat dan generasi mendatang.

“Saat purna tugas, kita harus mampu menemukan hal baru. Sudah saatnya memiliki tujuan dan perencanaan yang matang, sehingga kita tidak kebingungan tentang aktivitas di masa tua,” ungkapnya.

Pelatihan keterampilan bagi calon purna tugas Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2023 diadakan sebagai usaha untuk mempersiapkan psikologis, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan produktif bagi calon purna tugas dalam menghadapi masa purna tugas. 

Oleh karena itu, mereka akan diberikan keterampilan dan wirausaha tematik di bidang tata boga, perkebunan, dan peternakan.

“Saya juga berharap agar menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Tidak perlu memaksa diri, sesuaikan dengan kemampuan, namun tetap aktif dan berolahraga,” imbuhnya.

Hari Setyowacono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta, juga akan purna tugas pada Februari 2024 mendatang. 

Selama menjadi pegawai, Hari melakukan perjalanan pulang-pergi Boyolali-Kota Yogyakarta setiap hari. 

Untuk masa purna tugasnya, dia berharap dapat menikmati masa tua dengan hobinya, yaitu mengoleksi berbagai burung kicau.

“Dahulu, saat menjadi CPNS, saya pulang-pergi setiap hari dari Boyolali ke Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan umum. Jadi, setelah ini, saya ingin istirahat dan menikmati kicauan burung,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here