Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan

3
Illustrasi Merdeka Mengajar (Sumber: Kemendikbud)

BeritaYogya.com – Kemajuan teknologi memiliki dampak signifikan pada evolusi metode pembelajaran, terutama dalam sistem penyampaian materi melalui berbagai jenis media generasi baru.

Dukungan teknologi memungkinkan terwujudnya pembelajaran yang lebih autentik, walaupun proses ini memanfaatkan teknologi sebagai perantara.

Teknologi memiliki potensi untuk memfasilitasi proses belajar, asalkan pendidik memiliki pemahaman yang baik tentang integrasi teknologi dengan pengetahuan yang mereka miliki.

Pengertian konsep teknologi dalam konteks pembelajaran perlu dimengerti oleh guru, mahasiswa di bidang pendidikan, tenaga kependidikan, desainer media, dan praktisi pendidikan agar mereka dapat mengatasi tantangan-tantangan pedagogis yang berkaitan dengan teknologi.

Dampak teknologi pada Pendidikan abad ke-21 telah terasa signifikan bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.

Para pelajar, yang kini sangat terikat dengan perangkat elektronik, telah mengubah dinamika lingkungan pembelajaran.

Penggunaan perangkat elektronik sehari-hari secara tidak langsung telah membentuk pola pikir dan pemikiran, baik yang positif maupun yang negatif, dalam pikiran manusia.

Di Ponorogo, Jawa Timur, kasus pernikahan dini di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara dengannya semakin banyak.

Ini disebabkan oleh lingkungan atau pergaulan yang tidak sehat, serta informasi yang seharusnya tidak diakses oleh remaja melalui perangkat elektronik.

Namun, pada sisi lain, ada juga dampak positif dari perkembangan teknologi dalam pembelajaran.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah contoh nyata pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan abad ke-21.

Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam proses mengajar, belajar, dan mencipta.

PMM juga menjadi alat bantu dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, membantu guru dalam meraih referensi, ide, dan pemahaman untuk melaksanakan kurikulum tersebut.

PMM merupakan contoh positif teknologi yang memberi manfaat pada dunia Pendidikan.

Ribuan guru telah dibantu oleh PMM dalam menjalankan pembelajaran di sekolah.

Aplikasi ini menyediakan banyak sumber referensi untuk pengembangan praktik belajar-mengajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Hingga saat ini, PMM telah mengumpulkan 2000 referensi yang memberikan sumbangan besar bagi Pendidikan Indonesia.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah teknologi memiliki dampak yang kuat dalam dunia pendidikan.

Manfaatnya bagi guru dalam mengelola proses belajar-mengajar dan komunikasi antara rumah dan sekolah sangat besar. Meski begitu, perlu diingat bahwa dampak negatifnya juga signifikan.

Oleh karena itu, guru dan orang tua perlu mengawasi dan menyaring informasi yang dikonsumsi oleh siswa, khususnya dalam usia remaja, guna menjaga keseimbangan antara manfaat dan risiko teknologi dalam pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here