Pentingya Personal Branding di Sosial Media

22
Ilustrasi (Foto: iStock)

BeritaYogya.com – Personal branding merupakan cara seseorang untuk mengambil kendali terhadap penilaian orang lain atas diri individu tersebut. Dapat diartikan juga personal branding adalah  sebuah cara untuk memasarkan diri ke orang lain baik melalui social media ataupun kehidupan nyata.

Personal branding tidak hanya digunakan untuk perusahaan atau dunia bisnis tetapi juga untuk seluruh individu atau yang biasa disebut membranding diri sendiri.

Di dunia yang sangat kompetitif seperti sekarang ini  kita dapat merasakan persaingan yang sangat kuat. Mulai dalam bidang pendidikan, pekerjaan, bisnis maupun hal lainnya. Maka dari itu personal branding sangat dibutuhkan agar kita dapat lebih stand out dari orang lain. Berikut adalah manfaat personal branding:

  1. Menyesuaikan persepsi orang lain pada kita

Dengan membangun personal branding kita dapat membentuk citra diri yang kita inginkan. Contohnya bila kita ingin dinilai sebagai orang yang gemar membaca maka kita dapat menunjukkan peminatan membaca seperti mereview buku buku yang pernah kita baca ke sosial media.

  1. Membangun relasi yang luas

Saat kita mengembangkan kemampuan, keahlian dan minat kita yang kita tunjukkan ke media sosial maka hak tersebut akan menjadi keuntungan bagi diri kita. Kita dapat terhubung ke orang orang profesional lainnya yang memiliki peminatan yang sama dengan minat kita.

  1. Membangun kepercayaan.

Untuk dapat membangun kepercayaan maka dibutuhkan tindakan nyata yang kuat, salah satunya adalah dengan membangun personal branding. Kita dapat menunjukkan bahwa kita benar benar seorang ahli dan mempunyai keterampilan pada orang lain di sosial media. Dengan hal tersebut maka rasa percaya diri kita akan meningkat.

  1. Kemudahan dalam karir

dengan membangun personal branding kita memiliki lebih banyak kemungkinan besar untuk memiliki relasi yang lebih luas. Kita juga dapat menumbuhkan keyakinan pada orang orang yang ingin bekerja sama dengan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here