Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN diselenggarakan di Semarang

5
Pertemuan Internal Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 (Foto: Kemendag RI)

BeritaYogya.com – Semarang menjadi kota yang terpilih untuk menyambut kedatangan Menteri Ekonomi Negara Anggota ASEAN pada 17-22 Agustus 2023 di Padma Hotel, Kota Semarang.

“Semarang dipilih sebagai tuan rumah karena Indonesia ingin menampilkan wajah yang memiliki sejarah panjang yang kental dengan perkembangan sosial budaya dan hal itu terefleksi di kota ini,” kata Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Djatmiko Witjaksono, dilansir dari Liputan6.com, Minggu (20/8).

“Kami sudah melakukan persiapan sejak beberapa bulan yang lalu. Apalagi, ini kan kegiatan yang besar dan mengatasnamakan Indonesia di kancah kawasan khususnya Asia Tenggara.” kata Ita di Kantor Wali kota Semarang, dilansir dari tvonenews.com, Rabu (16/8/2023). 

Acara 55th ASEAN Economic Ministers (AEM) ini dihadiri juga oleh negara mitra ASEAN seperti Great Britain, India, Uni Eropa, USA, South Korea, New Zealand, Canada, China, Russia, Australia, dan Japan.

Pertemuan ini akan membahas terkait lima isu prioritas, diantaranya yakni Transformasi Digital (digital transformation), Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development), Ketahanan Kesehatan (health Resilience), Ketahanan Pangan (food Security), dan Fasilitasi Perdagangan dan Investasi (trade and investment facilitation).

Adapun maksud dari penyelenggaraan AEM 2023 adalah sebagai bagian dari usaha untuk mengembalikan dan membangun kembali perekonomian digital dan ekonomi berkelanjutan di wilayah ASEAN. Adapun agenda pertemuan AEM ke-55 mencakup 19 sesi pertemuan dan 9 acara utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here