Pertunjukan Seni Sekar Rinonce Meriahkan Kawasan Malioboro

8
Persembahan Panggung Hiburan Sekar Rinonce ( Foto : Pemkot Jogja )
Persembahan Panggung Hiburan Sekar Rinonce ( Foto : Pemkot Jogja )

BeritaYogya.com – Ratusan pengunjung ramai memadati area depan Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2 pada Selasa malam (3/10/2023).

Mereka dengan antusias menyaksikan pertunjukan seni dari Sekar Rinonce.

Suasana semakin meriah saat pembawa acara mulai membagikan souvenir berupa special gift dan makanan khas Yogyakarta, bakpia, kepada para pengunjung Malioboro.

Sekar Rinonce adalah rangkaian acara seni budaya yang diadakan secara rutin oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.

Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan memori kolektif sejarah dan menghidupkan budaya di Kawasan Malioboro.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, menjelaskan hal ini di Teras Malioboro 2.

“Pergelaran Sekar Rinonce ini diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu sebagai wadah bagi seniman dan musisi di Malioboro dan Kota Yogyakarta untuk mengekspresikan karya seni mereka,” tutur Yetti.

Salah satu aspek istimewa dalam Sekar Rinonce kali ini adalah kehadiran “hopesign,” sebuah papan besar di mana pengunjung dapat menuliskan kesan, pesan, dan harapan mereka.

Pesan-pesan dan harapan ini akan menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam merencanakan kebijakan dan program-program yang mendukung kemajuan kota.

“Sekar Rinonce kali ini lebih istimewa dari biasanya karena merayakan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-267. Kami menampilkan logo ulang tahun Kota Yogyakarta dan juga menyediakan papan kesan dan pesan untuk Ulang Tahun Kota Yogya yang dapat diisi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota,” tambah Yetti.

Malam itu semakin meriah dengan penampilan istimewa dari seniman dan musisi dari Kawasan Malioboro.

Di panggung Teras Malioboro 1, komunitas Angklung Malioboro tampil, sementara di Teras Malioboro 2, band Gank X menyajikan penampilan menarik.

Pembawa acara juga menyuguhkan beberapa pertanyaan dan permainan ringan kepada penonton, yang berkesempatan memenangkan souvenir.

“Hari ini kami menyelenggarakan permainan dan doorprize, yang biasanya tidak ada, namun ini merupakan bagian spesial dari perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta, sehingga kami memberikan special gift kepada masyarakat yang mengunjungi Kawasan Malioboro dan menonton Sekar Rinonce,” ujar Yetti.

Salah satu pengunjung dari Pontianak, Ayu Safitri (24), mengakui bahwa Kota Yogyakarta memiliki daya tarik yang luar biasa dengan serangkaian acara dan kegiatan yang menarik.

Baginya, ini adalah hal yang membuat para wisatawan lokal maupun internasional merasa betah dan ingin kembali ke Kota Yogyakarta. Dia berharap bahwa Kota Yogyakarta akan terus berkembang dan menjadi tujuan pariwisata yang semakin populer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here