Perumda Dharma Jaya Raih Sertifikat ISO untuk Meningkatkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan dan Budaya Antikorupsi

7
Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono usai menyerahkan sertifikat ISO 37001:2016 kepada jajaran Perumda Dharma Jaya di Candi Bentar, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (3/10/2023)
Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono usai menyerahkan sertifikat ISO 37001:2016 kepada jajaran Perumda Dharma Jaya di Candi Bentar, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (3/10/2023) (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

BeritaYogya.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Dharma Jaya telah berhasil meraih sertifikat ISO 37001:2016, sebuah standar internasional yang bertujuan untuk membantu organisasi dalam membangun, menjalankan, meninjau, memelihara, dan meningkatkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP). Sertifikasi ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono kepada jajaran Perumda Dharma Jaya di Candi Bentar, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (3/10/2023).

Tantangan utama dalam implementasi ISO 37001:2016 adalah menumbuhkan komitmen bersama untuk tidak melakukan korupsi. Sekda Joko mengungkapkan bahwa langkah awal yang akan dijalani adalah mengimplementasikan item-item yang ada dalam ISO tersebut, namun evaluasi juga akan dilakukan untuk memastikan efektivitas sistem ini.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman, menyatakan bahwa sertifikasi ini bukanlah titik akhir, melainkan menjadi titik awal dalam menjalankan regulasi kebijakan yang mengusung budaya antikorupsi. SMAP juga diterapkan untuk semua mitra kerja Dharma Jaya, baik vendor maupun supplier.

Dengan diraihnya SMAP, Perumda Dharma Jaya telah memiliki sistem pencegahan korupsi yang lebih terstruktur. Hal ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi instansi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang lain atau instansi pemerintah daerah dalam lingkup Provinsi DKI Jakarta untuk mendapatkan sertifikat serupa. Tujuan dari sertifikasi ini adalah agar pengelolaan keuangan menjadi lebih transparan, akuntabel, dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here