Peserta Jogja Republik Onthel #3 Tempuh Rute 15 Km Menyusuri Kota Yogyakarta

10
Peserta Jogja Republik Onthel (JRO) #3 ( Foto : Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, melepas lebih dari seribu peserta Jogja Republik Onthel (JRO) #3 di Stadion Kridosono Yogyakarta pada hari Minggu (15/10/2023). 

Para peserta JRO #3 ini tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dari berbagai wilayah, termasuk Kosti Pusat Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Semangat dan keseruan acara semakin terlihat dari beragam pakaian yang dikenakan oleh peserta, termasuk pakaian perjuangan dan pakaian daerah.

Singgih Raharjo, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, mengungkapkan bahwa acara ini bukan hanya tentang semangat bersepeda, tetapi juga tentang pertemuan dan silaturahmi di antara para pencinta sepeda tua dari berbagai daerah.

“Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu, dengan mengundang para pencinta sepeda tua dari berbagai daerah, kegiatan ini juga sebagai pasar dan tempat penjual-beli. Berbagai perlengkapan sepeda, seperti suku cadang sepeda, dijual di sini. Selain itu, UMKM Kota Yogyakarta juga turut serta untuk memeriahkan acara ini,” tutur Singgih.

Para peserta menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer, dengan rute yang dimulai dari halaman Stadion Kridosono, melalui berbagai jalanan kota, dan berakhir kembali di Stadion Kridosono.

Singgih berharap bahwa di era modern ini, masyarakat masih akan menggunakan sepeda dalam kegiatan mereka, dan hal ini dapat mengembalikan citra Yogyakarta sebagai Kota Sepeda.

“Harapannya acara ini terus berlanjut, sehingga dapat menarik pencinta sepeda tua dari Kota Yogyakarta dan daerah lainnya untuk bersepeda ke sini, dan menghasilkan dampak positif yang lebih luas,” imbuhnya.

Acara ini menjadi semakin meriah dengan partisipasi ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Presiden JRO #3, Muntowil, mengatakan bahwa selain untuk mempromosikan pariwisata di Kota Yogyakarta dan mengkampanyekan kembali gerakan bersepeda, acara ini memberikan kesempatan kepada pencinta sepeda dan masyarakat umum untuk menghilangkan kejenuhan mereka dengan menikmati keistimewaan Kota Yogyakarta.

Tema JRO #3 adalah ‘Palawija’, yang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berkebun dan menciptakan ketahanan pangan. 

Oleh karena itu, bibit tanaman diberikan secara gratis kepada peserta dan masyarakat yang hadir.

“Dengan diselenggarakannya acara ini, semoga semakin banyak pencinta sepeda yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Selain itu, kami berharap bahwa kegiatan ini akan mendorong masyarakat Kota Yogyakarta untuk lebih sering menggunakan sepeda, yang selain menyehatkan juga membantu mengurangi polusi udara di kota,” ungkap Muntowil.

Selain bersepeda bersama, peserta dan masyarakat juga dapat melihat berbagai jenis suku cadang sepeda yang dijual di sekitar area JRO #3.

Salah satu peserta, Slamet Yuono (72) dari Cilacap, mengungkapkan bahwa dia telah bersepeda sejak Jumat (13/10/2023) dari Cilacap menuju Kota Yogyakarta.

Slamet, yang sering disapa sebagai Slamet Onthel, mengatakan bahwa dia telah lama gemar bersepeda dan menganggap partisipasinya dalam JRO #3 di Kota Yogyakarta sangat berkesan.

“Saya sering bersepeda, bahkan hingga ke Bandung, Bali, dan daerah lainnya. Selain mendukung kesehatan, bersepeda juga memperkuat persaudaraan. Mari ajak generasi muda untuk ikut bersepeda, seperti saya yang usianya sudah lanjut tetapi tetap sehat bersepeda,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here