Presiden Joko Widodo Sapa Mahasiswa Baru di Penutupan PPSMB UGM 2023

10
Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (Foto: iStock)

BeritaYogya.com – Penutupan kegiatan Penerimaan Pengenalan Sistem Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2023 menjadi momen bersejarah dengan kehadiran langsung dari Presiden Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi. Acara penutupan yang berlangsung meriah di Auditorium Djarum UGM pada hari ini menandai akhir dari tahap orientasi para mahasiswa baru UGM.

Sebelum acara penutupan berupa penampilan formasi, Presiden Jokowi sempat tampil dalam video dan menyapa para mahasiswa baru UGM.

“Selamat datang di Universitas Gadjah Mada, selamat menjadi mahasiswa baru di Universitas kebanggaan kita semua. Empat puluh tiga tahun yang lalu saya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada, suasananya jauh berbeda dengan sekarang,” katanya.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengapresiasi langkah UGM dalam menerapkan PPSMB sebagai bentuk adaptasi universitas terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan zaman. Beliau menyampaikan bahwa masa orientasi adalah saat yang penting bagi para mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan memahami nilai-nilai serta budaya yang ada.

Jokowi berbicara tentang revolusi industri 4.0, yang telah mengubah ekonomi, sosial, dan politik. Dia berpendapat bahwa siswa tidak boleh berdiam diri atau tertinggal dalam situasi seperti ini. 

Jokowi menyatakan bahwa tidak boleh tergulung oleh gelombang disrupsi, sebaliknya harus bisa berselancar di atasnya menjadi pemenang yang percaya diri.

Jokowi juga mengimbau siswa UGM untuk menjadi pelajar yang kreatif, inovatif, adaptif, dan pantang menyerah, dengan mengatakan, “Menjadi mahasiswa di UGM adalah langkah awal, pintu pembuka untuk meniti masa depan. Karena itu persiapkan diri dengan baik, belajarlah dengan disiplin.”

Presiden juga menekankan pentingnya semangat gotong royong dan kolaborasi di antara mahasiswa, serta mendorong para mahasiswa untuk terlibat aktif dalam berbagai organisasi dan kegiatan di kampus. Menurutnya, pengalaman di luar ruang kelas memiliki peran yang tak kalah penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan berkomunikasi mahasiswa.

Salah satu poin utama dalam pidato Presiden Jokowi adalah peran teknologi dalam dunia pendidikan. Beliau menyoroti bagaimana teknologi telah memudahkan akses terhadap informasi dan membuka peluang baru dalam proses pembelajaran. Namun, beliau juga menekankan pentingnya penggunaan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, Presiden Jokowi juga memberikan pesan kepada mahasiswa baru UGM bahwa mereka adalah bagian penting dari masa depan bangsa. Beliau berharap para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan negeri. Ia juga mengingatkan para mahasiswa bahwa setiap tantangan adalah peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, dalam sambutannya juga menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Presiden dalam acara penutupan PPSMB. Beliau menekankan komitmen UGM dalam menjunjung tinggi integritas, kualitas pendidikan, dan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Penutupan PPSMB UGM 2023 dihadiri oleh ribuan mahasiswa baru dan diwarnai dengan berbagai pertunjukan seni dan penampilan oleh mahasiswa. Momen ini tidak hanya menjadi ajang perpisahan dengan tahap orientasi, tetapi juga sebagai awal yang inspiratif untuk perjalanan mereka sebagai bagian dari keluarga besar UGM.

Dengan penutupan PPSMB ini, para mahasiswa baru UGM siap memulai babak baru dalam kehidupan perkuliahan mereka. Pesan-pesan inspiratif dari Presiden Jokowi menjadi pendorong semangat bagi para mahasiswa baru untuk mengembangkan diri, belajar dengan giat, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here