Sosialisasi Bela Negara di Bantul Diharapkan Memahami Pentingnya Nilai-Nilai Dasar Bela Negara

11
Sosialisasi Bela Negara di Bantul (Foto: Pemerintah Kabupaten Bantul)

BeritaYogya.com – Kegiatan sosialisasi bela negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia untuk pamong desa dan perangkat daerah di Kabupaten Bantul telah berakhir pada Rabu (6/9/2023). 

Kasubdit Lingja Bela Negara Ditjen Potensi Pertahanan Kemhan RI, Dr. Indah Permata ST., M.M, menyampaikan bahwa peserta yang hadir adalah kader atau agen yang memiliki peran penting dalam penyebarluasan nilai-nilai dasar bela negara. Mereka memiliki andil besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bapak Ibu yang hadir hari ini adalah kader bela negara yang memiliki peran penting dalam menyebarluaskan nilai-nilai dasar bela negara kepada lingkungannya masing-masing. Sehingga bela negara menjadi gerakan nasional. Terlebih, para peserta ini adalah contoh atau role model di lingkungan masing-masing juga,” jelasnya menurut laman Pemerintah Kabupaten Bantul.

Pada hari terakhir pelaksanaan sosialisasi, selain mendapatkan paparan langsung dari Kemhan, pamong desa dan perangkat daerah juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan wawasan tambahan tentang bela negara dari narasumber lain. Narasumber tersebut adalah Kabid Sosial dan Agama dari Forum Komunikasi dan Pencegahan Teroris, Anis Masduki, serta Kabid Informasi Komunikasi Publik dari Diskominfo Bantul, Arif Darmawan.

Dari seluruh materi yang disampaikan, peserta diharapkan dapat memahami bahwa penerapan nilai-nilai dasar bela negara dapat dilakukan dari berbagai aspek, termasuk dalam menjalankan profesi masing-masing. Hal ini karena bela negara pada masa sekarang memerlukan sinergi dari seluruh sektor dan berbagai lini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here