Tak Terkejut Jika Xi Jinping Memimpin China Untuk Periode Ketiga

9
Presiden Republik Rakyat China

BeritaYogya.Com – Partai Komunis China (PKC) akan menggelar kongres nasional pada tanggal 16 Oktober mendatang, di mana Xi Jinping diperkirakan terpilih kembali menjadi presiden untuk periode ketiga.
Media pemerintah China menyatakan bahwa partai berkuasa itu akan  menggelar kongres nasional tersebut di Beijing, China.

Salah satu sumber di China melaporkan bahwa dalam kongres tersebut, PKC diperkirakan akan kembali menunjuk Xi Jinping menjadi presiden di periode selanjutnya. Hingga kini, belum diketahui dengan pasti, apakah Xi benar-benar ditunjuk kembali menjadi presiden untuk periode selanjutnya atau tidak. Tetapi secara bersama diyakini bahwa Xi Jinping akan kembali memimpin China dalam periode mendatang.

Para pengamat politik mengaku, bahwa ia “tak terkejut” jika Xi Jinping kembali dipilih menjadi presiden dalam kongres partai ini mendatang.

“Kebanyakan orang tak terkejut melihat Xi Jinping kembali terpilih untuk periode ketiga. Saya rasa semuanya sudah terlihat sejak lama,” kata ahli politik China dari Universitas Nasional Singapura, Alfred Wu Muluan.

Alfred bahkan tak akan heran jika Xi Jinping kemudian terpilih lagi menjadi presiden untuk periode keempat.

“Dia akan meningkatkan persentase pendukungnya, terutama di Fujian dan Zhejiang, di dalam Politburo. Dia lantas bakal mengandalkan dukungan mereka untuk periode keempat dalam lima tahun mendatang,” ungkapnya.

Kongres kali ini bukan hanya sebagai monentum untuk menunjuk Xi Jinping sebagai Presiden, juga akan menjadi ajang untuk memperkenalkan pejabat-pejabat yang akan  memegang posisi penting partai di periode selanjutnya.

Kantor penyiaran publik China, CCTV, mengabarkan bahwa kongres lima tahunan ini akan “sangat penting” bagi negara tersebut.

Dalam acara ini akan dihadiri  2.300 delegasi PKC dari seluruh penjuru negara China. Tujuan kehadiran mereka adalah untuk  memilih sekitar 200 anggota Komite Pusat PKC.

Para anggota Komite Pusat PKC periode saat ini akan menggelar rapat terakhir pada tanggal 9 Oktober mendatang.

Kemudian mereka akan menggelar pemungutan suara untuk memilih anggota Komite Pusat PKC periode selanjutnya. Para anggota terpilih untuk periode selanjutnya akan diumumkan dalam Kongres PKC pada tanggal 16 Oktober mendatang, beriringan dengan acara pelantikan presiden China.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here