Tips Traveling Aman, Nyaman, Hemat dan Worth It di Jogja

11
Sumber: Kemenparekraf

BeritaYogya.com – Traveling adalah aktivitas yang dilakukan di luar rutinitas sehari-hari untuk mengunjungi sebuah tempat wisata. Sekaligus mengetahui juga tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan objek sekitar. Saat ini, traveling bukan hanya dijadikan sebagai aktivitas liburan saja, melainkan dijadikan hobi yang menyenangkan. 

Nah, supaya perjalanan traveling kamu makin seru dan menyenangkan, penting nih Sob untuk tahu tips melakukan traveling yang aman, nyaman, dan worth it. Simak terus uraian di bawah ini ya guys: 

  1. Selama Travelling Lupakan Pekerjaan ataupun aktivitas lainnya

Jika kalian benar-benar ingin menikmati waktu liburannya saat bepergian, saran pertama adalah untuk melupakan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun aktivitas lainnya selama perjalanan. Ini dilakukan agar perjalanan Anda tidak terganggu oleh pekerjaan sehingga kalian dapat menikmati liburan dengan nyaman

  1. Rencanakan Dengan Baik

Tujuan liburan serta tanggal berangkatnya dimasukkan dalam rencana ini. Hindari pergi pada musim liburan agar liburan Anda lebih nyaman dan puas. Saat musim liburan, banyak tempat wisata yang penuh, sehingga tujuan awal Anda untuk bersantai menjadi kurang nyaman karena terlalu padat. Pilih hari libur biasa karena musim liburan meningkatkan risiko kemacetan.

  1. Membuat Itenary Yang Jelas

Membuat itinerary akan membuat liburan lebih nyaman karena Anda dapat membuat jadwal mulai dari saat berangkat hingga saat kembali ke rumah. Membuat itinerary ini harus mempertimbangkan waktu dan tempat tujuan wisata. Kalian bisa mengelompokkan tempat terdekat untuk dikunjungi dalam waktu yang sama. Untuk membuat liburan lebih nyaman, buatlah itinerary yang fleksibel, yang berarti kalian dapat mengubah jadwal jika dibutuhkan.

  1. Membuat Daftar Barang Yang Akan Di Bawa

Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh adalah membuat daftar barang apa yang harus Anda bawa. Ini akan sangat bermanfaat, meskipun terlihat kecil. Dengan memiliki daftar ini, Anda dapat menyiapkan barang-barang yang akan Anda bawa terlebih dahulu. Daftar ini juga dapat berfungsi sebagai pengingat untuk membawa barang tertentu, sehingga Anda tidak akan memiliki sesuatu yang tertinggal sebelum liburan.

  1. Siapkan Uang Cash Yang Cukup

Banyak orang saat ini lebih suka liburan tanpa uang karena lebih praktis. Namun, kamu tetap membutuhkan uang. Anda harus menyiapkan uang secukupnya untuk perjalanan Anda. Siapkan uang tunai saja tidak perlu banyak, yang terpenting cukup untuk perjalanan, karena uang tunai ini sangat diperlukan untuk membeli barang-barang kecil atau membayar biaya liburan.

  1. Istirahat Yang Cukup Sebelum Bepergian 

Banyak orang akan lebih sibuk saat bepergian jarak jauh, jadi Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh sebelum keberangkatan. Untuk membuat persiapan lebih baik, kamu bisa mulai menyiapkan diri satu minggu sebelum keberangkatan. Ini berarti bahwa ketika kamu harus berangkat besoknya, kamu bisa istirahat malam sebelum liburan agar tetap segar selama liburan.

  1. Memesan Tiket Transportasi dan Hotel Lebih Awal

Tips terakhir untuk perjalanan jarak jauh adalah memesan tiket dan hotel lebih awal. Ini adalah langkah penting untuk membuat perjalanan lebih nyaman. Anda harus mulai mencari tiket dan hotel sejak awal merencanakan liburan. Dengan memesan hotel dan tiket lebih awal, Anda bisa lebih tenang dan mempersiapkan hal lainnya. Selain itu, membeli tiket lebih awal juga bisa membantu menghemat uang, karena biasanya harga tiket akan lebih murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here