FBL Boyolali Adakan Boyolali Expo dengan Tema ‘Bangga Buatan Boyolali’

4
Boyolali Expo ( Foto : Pemprov Jawa Tengah)
Boyolali Expo ( Foto : Pemprov Jawa Tengah)

BeritaYogya.com – Forum Brand Lokal (FBL) Boyolali telah mengadakan acara Boyolali Expo dengan tema “Bangga Buatan Boyolali,” yang dibuka oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat. 

Kegiatan ini berlangsung di Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali selama tiga hari, dimulai pada Jumat (15/9/2023) hingga Minggu (17/9/2023).

Menurut Ketua Panitia, Romy Anjas, Boyolali Expo adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Boyolali, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta stakeholder terkait, dengan tujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Pameran ini menampilkan sekitar 113 stan, di mana 80 persennya merupakan UMKM asli Boyolali, sementara 20 persennya berasal dari luar Boyolali dan sekitarnya. 

Produk-produk UMKM yang dipamerkan mencakup beragam jenis, mulai dari produk fesyen, kerajinan tangan, kopi, beras organik, hingga kuliner yang mendominasi pameran.

Boyolali Expo juga menjadi platform untuk menampilkan kreativitas pelajar dan seniman di Boyolali, termasuk unjuk kebolehan siswa yang berprestasi, pemenang lomba seni siswa tingkat nasional mulai dari SD hingga SMA, dan pameran karya anak-anak disabilitas dari SLB BC TPCM Boyolali. 

Acara ini juga menampilkan festival reog, fashion show, dan kompetisi tari yang melibatkan ratusan pelajar di Kota Susu.

Selain itu, Boyolali Expo adalah acara yang terbuka gratis untuk umum dan menyediakan pertunjukan musik setiap malam.

Bupati Boyolali M Said Hidayat menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap peran anak muda yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya-karya mereka. 

“‘Tema ‘Bangga Buatan Boyolali’ ini harapannya, kita sebagai warga Boyolali untuk selalu mencintai produk-produk lokal, potensi lokal, hingga pada akhirnya kita akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

“Untuk menurunkan jumlah pengangguran pun juga harus hadir anak-anak muda yang kreatif seperti hari ini. Semakin banyak anak-anak yang kreatif dan inovatif, semakin cepat gerak langkah kita,” lanjutnya.
Dengan demikian, Boyolali Expo adalah wujud sinergi antara pemerintah, UMKM, pelajar, dan seniman dalam mempromosikan dan memajukan produk-produk serta kreativitas lokal di Boyolali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here