Pembangunan Kampus Kedua UKDW di Bantul Dimulai dengan Rumah Sakit

88
Upacara Peletakan Batu Pertama Rumah Sakit Akademik Duta Wacana (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Rencana pembangunan Kampus kedua Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang terletak di Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, akan segera diwujudkan. 

Lahan seluas sepuluh hektar tersebut akan digunakan untuk membangun kampus kedua UKDW, dengan pembangunan awal berfokus pada Rumah Sakit pendidikan. 

Proyek ini juga melibatkan pembangunan fakultas-fakultas lain secara bertahap dalam beberapa tahun mendatang.

Upacara Peletakan Batu Pertama Rumah Sakit Akademik Duta Wacana berlangsung pada Senin (30/10/2023). 

Ir. Hendry Feriyadi M.Sc., P.hd, yang mengepalai Tim Pengembang Rumah Sakit Akademik Duta Wacana, menjelaskan bahwa Rumah Sakit Akademik ini akan memiliki delapan lantai, dengan tujuh lantai berada di atas tanah dan satu lantai sebagai basement

Rencananya, Rumah Sakit Akademik Duta Wacana akan berkembang menjadi Rumah Sakit Tipe B di masa depan. 

Hendry memperkirakan bahwa seluruh kompleks ini akan selesai dalam kurun waktu sekitar dua puluh tahun ke depan.

“Nantinya, rumah sakit ini akan memiliki delapan lantai, dengan tujuh lantai di atas tanah dan satu lantai sebagai basement. Luas total kompleks rumah sakit ini akan mencapai sekitar 28 ribu meter persegi, dengan target akhir menjadi rumah sakit tipe B pendidikan yang memiliki 328 tempat tidur. Kami menyadari bahwa membangun rumah sakit hingga tipe B membutuhkan waktu yang cukup panjang dan manajemen rumah sakit yang matang, oleh karena itu kita akan membangun seluruh struktur bangunan tetapi akan mengoperasikan empat lantai pertama,” tutur Hendry.

Rektor Universitas Kristen Duta Wacana, Dr. Ing Wiyatiningsih, ST, M.T, menyatakan bahwa upacara peletakan batu pertama ini merupakan momen bersejarah dan menjadi bagian dari perayaan dies natalis UKDW ke-61.

Sementara itu, Ketua Yayasan PTK UKDW, Prof. Dr. Nindyo Pramono, SH., MS., menegaskan bahwa pembangunan ini merupakan langkah strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menuju Indonesia emas 2045.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan selamat atas pembangunan Rumah Sakit Akademik untuk fakultas kedokteran Universitas Duta Wacana. 

Pembangunan ini dianggap sebagai kontribusi besar untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan.

“Saya bersyukur bahwa UKDW juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa melalui program-program akademiknya. Dengan berdirinya Rumah Sakit Akademik UKDW di Kabupaten Bantul, saya yakin ini akan menjadi kontribusi besar bagi perkembangan Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan,” ujar Bupati.

Dia juga menekankan bahwa peningkatan kesehatan masyarakat telah menjadi prioritas utama di Kabupaten Bantul, dan kolaborasi serta sinergi antara berbagai pihak akan diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

“Ke depan, kita akan membutuhkan kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi dan rumah sakit, untuk terus meningkatkan kesehatan masyarakat Bantul. Saya bersyukur dan mendukung, semoga ini akan membuat Bantul menjadi lebih harmonis, sejahtera, dan adil,” imbuh Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here