KONI Gunungkidul Berhasil Gelar PORKAB setelah Pandemi

11
Dokumentasi Pembukaan PORKAB VII Kabupaten Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)
Dokumentasi Pembukaan PORKAB VII Kabupaten Gunungkidul (Foto : Pemkab Gunungkidul)

BeritaYogya.com – Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Kabupaten Gunungkidul telah kembali digelar setelah mengalami penundaan akibat pandemi. 

Pembukaan PORKAB VII Kabupaten Gunungkidul diadakan di Gedung Kesenian, Baleharjo pada hari Jumat (15/9/2023).

Dalam laporan Ketua Panitia PORKAB, Agung Nugroho menjelaskan bahwa Pekan Olahraga Kabupaten ini diikuti oleh seluruh Kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.

“Porkab diadakan sebagai bagian dari seleksi untuk Porda 2023, dengan partisipasi dari 18 Kapanewon. Tiga cabang olahraga yang dipertandingkan adalah Voli Indoor, Bulu Tangkis, dan Atletik, dengan total 13 nomor. Satu nomor lainnya tidak dilakukan pertandingan karena kurangnya peserta dari Kapanewon dalam nomor lompat tinggi putri,” kata Agung.

Agung juga menambahkan bahwa jumlah atlet yang berpartisipasi dalam PORKAB 2023 mencapai 566 atlet, terdiri dari 70 atlet bulu tangkis, 219 atlet atletik, dan 381 atlet bola voli.

Ketua KONI Kabupaten Gunungkidul, Irfan Ratnadi, menjelaskan bahwa pemilihan bulan September untuk PORKAB ke VII bukan tanpa alasan.

“Kami memilih bulan September karena ini juga bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional,” ujarnya.

Irfan juga mencatat bahwa sesuai instruksi Bupati, setiap cabang olahraga diberikan kesempatan untuk menyelenggarakan kejurkab, sehingga kegiatan olahraga di Gunungkidul terus berlanjut.

Pramana, yang mewakili KONI Provinsi DIY, memberikan apresiasi kepada KONI Gunungkidul atas penyelenggaraan PORKAB.

“KONI Daerah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan PORKAB, karena PORKAB menjadi alat ukur bagi setiap atlet di semua cabang olahraga sejauh mana pembinaan telah berhasil dilakukan,” kata Pramana.

Pramana juga menilai bahwa memberikan kesempatan kepada setiap cabang olahraga untuk menyelenggarakan kejurkab adalah langkah yang tepat.

“Ini merupakan tindak lanjut dari program pembinaan. Dalam tingkat Provinsi dan Nasional, ada lebih dari 40 cabang olahraga yang dilombakan, sedangkan PORKAB hanya memiliki tiga cabang olahraga. Dengan penyelenggaraan kejurkab, kita dapat mengevaluasi kemajuan dalam masing-masing cabang olahraga,” tambahnya.

PORKAB ke VII ini akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 25 September 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here