Pantau Pajak Daerah DIY Lewat “Waspada” Bisa Dapat Hadiah

8
Pantau Pajak Daerah Melalui Waspada (Foto: Pemkot Jogja)

BeritaYogya.com – Pengawasan pajak daerah kembali diadakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui aplikasi Waspada di super apps Jogja Smart Service (JSS). Program ini melibatkan partisipasi masyarakat dan memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah. Tujuannya adalah untuk memastikan ketaatan pelaku usaha dalam pembayaran pajak kepada Pemkot Yogyakarta.

Muhammad Rohmad Romadhon, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran dan Penetapan Pendapatan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, mengklarifikasi bahwa program Waspada telah memasuki periode kedua mulai 1 November 2022 hingga 31 Oktober 2023. Pelaksanaannya mirip dengan periode pertama.

Waspada mengawasi pajak daerah seperti hotel, restoran, hiburan, dan parkir di Kota Yogyakarta. Pajak-pajak ini bersifat self-assessment, di mana pelaku usaha menghitung dan menyetor pajak yang dikenakan kepada konsumen secara mandiri kepada Pemkot Yogyakarta.

Teknis pelaporan pajak melalui Waspada melibatkan membuka aplikasi JSS di ponsel, memilih aplikasi Waspada, mengunggah foto nota transaksi, mengisi data terkait transaksi, dan menyimpannya. Respon masyarakat terhadap program ini telah positif, dengan lebih dari 3.000 nota dilaporkan hingga saat ini, hampir melampaui total tahun sebelumnya.

Pengawasan pajak daerah melalui Waspada dianggap efektif, karena data nota yang dilaporkan dapat digunakan untuk pemeriksaan pajak. Untuk mendorong partisipasi masyarakat, BPKAD Kota Yogyakarta akan memberikan hadiah uang kepada 5 pemenang dengan total nilai poin tertinggi dari nota yang dilaporkan dan terverifikasi.

Selain itu, masyarakat yang berpartisipasi dalam pengawasan pajak daerah melalui Waspada juga memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah undian. Rencananya, akan ada 10 pemenang yang dipilih secara acak dari nomor laporan yang diunggah dalam aplikasi Waspada, dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta untuk 15 pemenang.

Pengumuman pemenang dan pengundian akan dilakukan pada bulan November.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here