Pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas UNY Tahun 2023

7
Pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas UNY Tahun 2023 (Foto: UNY)

BeritaYogya.com – Dalam rangka memberikan pembekalan bagi para dosen baru terkait dengan perkembangan kebijakan pemerintah dan paradigma pembelajaran abad 21, serta mengingat kebijakan UNY yang mengalami perubahan dari BLU ke PTNBH, perlu adanya penyamaan persepsi dan format terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran/perkuliahan. 

Oleh karena itu, pada Senin (18/9), pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas Dosen UNY Tahun 2023 diselenggarakan oleh UNY melalui Direktorat Penjaminan Mutu (DPM).

Pelatihan ini dipimpin oleh Direktur DPM, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa jumlah peserta Pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas Dosen UNY Tahun 2023 sebanyak 244 orang. 

Rincian peserta mencakup 63 orang dosen P3K, 154 orang dosen PTNBH, 8 orang dosen P3K yang beralih ke PTNBH, dan 19 orang yang mengalihkan fungsi dari tendik ke dosen.

Selanjutnya, Prof. Suharjana menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan PEKERTI dilakukan secara berurutan dalam 5 gelombang. Gelombang I (kelas A dan B) diadakan pada tanggal 17 – 22 September 2023, Gelombang II (kelas C dan D) pada tanggal 24 – 29 September 2023, Gelombang III (kelas E dan F) pada tanggal 1 – 6 Oktober 2023, Gelombang IV (kelas G dan H) pada tanggal 8 – 13 September 2023, dan Gelombang V (kelas I dan J) pada tanggal 15 – 20 Oktober 2023.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., dalam sambutannya, mengungkapkan komitmen UNY untuk terus memperjuangkan kenaikan pangkat dan jabatan dosen, dengan tujuan memberikan dukungan dan motivasi kepada para dosen baru. 

Beliau menekankan pentingnya publikasi sebagai unsur vital dalam karir dosen, dengan mengatakan bahwa “Cita-cita seorang dosen harus menjadi guru besar, sehingga ada istilah ‘publish or perish’ atau ‘publikasi atau mati’. 

Artinya, jika dosen tidak melakukan publikasi, maka akan menghadapi kesulitan dalam karir. Publikasi ini dapat berupa penulisan buku, artikel jurnal, dan sebagainya. 

Selain itu, menurut Rektor, penulisan dalam bidang pendidikan juga dianggap sebagai investasi dalam perkembangan peradaban, dan oleh karena itu, dosen diharapkan untuk mengejar studi lanjut, seperti menyelesaikan program S3 atau program doktor.

Setelah sesi pembukaan, peserta pelatihan menerima materi pelatihan yang meliputi topik-topik sebagai berikut: Materi Umum berkaitan dengan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi PTNBH, Pembinaan Karakter Dosen, Pengembangan Riset Dosen dan Pendampingan Kemahasiswaan, Sistem Manajemen Perencanaan dan Keuangan, Pengembangan Karir dan Profesionalisme Dosen, serta Pengembangan Kerjasama dan Internasionalisasi Program Studi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here