Semangat Merdeka Belajar, Pesan Menteri Nadiem dan Capaian pada Peringatan Hari Guru Nasional 2023

10
Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/11/2023) (Foto: Kemendikbudristek)

BeritaYogya.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudritek) telah mengadakan upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 pada Sabtu (25/11/2023). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, khususnya menyampaikan pesan motivasi kepada para guru untuk terus mendorong gerakan Merdeka Belajar.

Dalam peringatan ini, Menteri Nadiem menyampaikan ucapan selamat kepada para guru dan mengajak mereka untuk terus melanjutkan gerakan Merdeka Belajar dengan semangat. Peringatan HGN 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar,” sebagai bentuk apresiasi kepada para guru yang telah berkontribusi dalam gerakan Merdeka Belajar.

Menteri Nadiem, dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan perasaannya yang sedih karena tahun ini merupakan tahun terakhirnya menjabat sebagai Mendikbudristek, dan ia merindukan pertemuan dengan para guru di masa mendatang. Namun, ia yakin bahwa para pendidik di seluruh Indonesia akan terus bergerak untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

Selama empat tahun terakhir, Kemendikbudristek telah mencapai berbagai prestasi, seperti penghapusan Ujian Nasional pada tahun pertama Merdeka Belajar dan peluncuran Asesmen Nasional. Tahun berikutnya, Kemendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka, memberikan petunjuk jalan untuk mencapai tujuan perubahan dalam pendidikan.

Menteri Nadiem juga menyoroti keberhasilan platform Merdeka Mengajar yang memungkinkan jutaan guru di Indonesia terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain. Terobosan besar lainnya adalah program Pendidikan Guru Penggerak, yang bertujuan mendorong generasi pemimpin pembelajaran dan kepala sekolah.

Puncak kebahagiaan bagi Menteri Nadiem adalah mendekatnya capaian target 1 juta guru ASN PPPK, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pendidik. Dengan semua capaian tersebut, Menteri Nadiem menyimpulkan bahwa peringatan Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah perpisahan, melainkan momentum kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here