Sleman Gelar Deklarasi Kampanye Damai, Upaya Ciptakan Pemilu Bersih

6
Deklarasi Kampanye Damai Pemilu (Foto : Pemkab Sleman)

BeritaYogya.com – Menghadapi Pemilihan Umum serentak tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu pada Selasa (21/11/2023). 

Acara yang berlangsung di The Rich Jogja Hotel ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, didampingi oleh jajaran Forkopimda Sleman, serta dihadiri oleh perwakilan dari partai politik dan organisasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Danang Maharsa menyatakan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu. 

Ia menilai kegiatan ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjalankan kampanye pemilu tahun 2024 dengan damai. 

Melalui deklarasi ini, Danang berharap kampanye pemilu di Sleman dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar.

“Dengan adanya deklarasi kampanye damai ini, kita berharap agar partai politik berkomitmen untuk menjalankan kampanye tanpa melakukan pelanggaran, sehingga Pemilu 2024 dapat terwujud sebagai ajang yang bersih dan berintegritas,” tutur Danang.

Wakil Bupati juga mengajak masyarakat untuk menjalankan kampanye dengan bijak, menghindari provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, Danang mengajak seluruh peserta untuk meningkatkan sinergi guna suksesnya pesta demokrasi.

“Mari kita tingkatkan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi, sehingga seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, menghasilkan pemilu yang berkualitas,” tegas Danang.

Sekretaris Dinas Kesbangpol Sleman, Indra Darmawan, dalam kesempatan yang sama, menjelaskan bahwa acara ini melibatkan Forkopimda, KPU, Bawaslu, perwakilan partai politik, OPD, hingga organisasi masyarakat keagamaan. 

Keberadaan berbagai elemen masyarakat diharapkan dapat mewujudkan pemilu yang jujur dan adil.

“Selain untuk mensukseskan pemilu serentak 2024, kami berharap agenda ini dapat menjadi upaya bersama dalam mewujudkan pemilu yang jujur, adil, aman, tertib, dan terhindar dari isu-isu SARA,” tutur Indra.

Dengan keterlibatan perwakilan partai politik dan unsur masyarakat, Indra berharap dapat memperkuat komitmen untuk menjaga situasi kondusif di Sleman selama persiapan pemilu hingga pasca pemilu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here