Seminar Program Wirausaha Merdeka: Mendukung Mahasiswa dalam Membangun Bisnis Mereka Sendiri

5
Seminar Program Wirausaha Merdeka (Foto: UNY)

BeritaYogya.com – Dalam upaya memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta mengenai proses pembangunan dan manajemen bisnis mereka, seminar Program Wirausaha Merdeka telah diadakan pada Hari Sabtu (16/9) di Ruang Sidang Utama Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha. 

Seminar ini telah disusun untuk membantu peserta Program Wirausaha Merdeka dalam memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Panitia, Dr. Cerika Rismayanthi, S.Or., M.Or., menjelaskan bahwa Wirausaha Merdeka merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai calon wirausahawan melalui kegiatan di luar kurikulum akademik. Saat ini, mahasiswa telah memasuki minggu terakhir dari tahap Pre-Immersion, yang kemudian akan diikuti oleh tahap Immersion.

Lebih lanjut, Dr. Cerika mengungkapkan bahwa dalam tahap Immersion, mahasiswa akan belajar secara langsung dengan praktisi di lapangan, dan perguruan tinggi yang melaksanakan program UNY telah menjalin kerjasama dengan UMKM dan/atau industri untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada mahasiswa (onboarding).

Membangun bisnis adalah langkah besar yang memerlukan perencanaan, keterampilan, dedikasi, dan ketekunan. Dalam seminar ini, pemateri akan membahas tema “Build Your Own Business,” di mana mahasiswa akan mendapatkan wawasan dari narasumber tentang cara membangun bisnis sebelum mereka mendapatkan pengalaman praktis dalam tahap Immersion.

Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi yang melaksanakan program ini untuk mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu memupuk semangat kewirausahaan, meningkatkan pengalaman berwirausaha, dan meningkatkan keterampilan mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, tema yang diangkat adalah “Build Your Own Business,” dan seminar dihadiri oleh narasumber yang sangat berkompeten, yaitu Edy Fajar Prasetya (Pemilik PT. SBS, Pengusaha Sosial Hijau) dan Bio Hadikesema (Pelatih Manajemen & Konsultan). Laila Nurul Himmah, M.Pd., seorang dosen di bidang Tata Boga, Busana, dan Rias Kecantikan, juga ikut sebagai narasumber.

Edy Fajar Prasetya menekankan makna penting dengan pernyataan, “Kalau bisa sukses di usia muda, mengapa harus menunggu wisuda?” 

Ia menguraikan bahwa tahap menuju kesuksesan sebagai wirausahawan melibatkan lima langkah, yaitu menggali ide, melakukan studi kelayakan, merencanakan bisnis, dan merancang model bisnis, serta perencanaan strategis.

Sementara itu, narasumber kedua, Bio Hadikesema, mendukung konsep yang dinyatakan oleh Edy Fajar, yaitu bahwa untuk memulai bisnis, seseorang perlu mencari orang yang memiliki masalah dan menawarkan solusi. 

Caranya bisa dengan menjadi produsen, menjual keterampilan, membuka toko, atau membeli produk dari orang lain dan menjualnya kembali. Selain itu, modal juga memiliki peran penting dalam bisnis.

Bio juga menekankan bahwa masalah dalam bisnis adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang, sehingga seseorang harus siap untuk berubah. Beliau menambahkan bahwa menciptakan kekayaan adalah takdir manusia, dan berbisnis adalah salah satu cara untuk mencapainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here