Kerjasama Antara UPSI Malaysia dan UNY dalam Bidang Pendidikan dan Riset

10
Penandatanganan Dokumen Kerjasama (Foto: UNY)

BeritaYogya.com – Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia telah menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam berbagai aspek. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini berlangsung di Hotel UNY pada Jumat (15/9). 

Kerjasama ini mencakup kolaborasi akademik, penelitian bersama, program pertukaran mobilitas, penyelenggaraan konferensi, kunjungan studi, pelatihan bersama, magang di sekolah, dan program pelayanan masyarakat. 

Dalam acara tersebut, delegasi dari UPSI yang hadir meliputi Naib Canselor UPSI Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff, Pengarah Bahagian Komunikasi Korporat UPSI Prof. Madya Dr. Mohd Izwan bin Shahril, Dekan Fakulti Sains Sukan dan Kejurulatihan Dr. Jaffry bin Zakaria, Ketua Jabatan Sains Kejurulatihan FSSK Dr. Noorzaliza binti Osman, dan Ketua Jabatan Sains Sukan FSSK Dr. Norhazira binti Abdul Rahim.

Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff, Naib Canselor UPSI, menyatakan bahwa UPSI berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan UNY. Dia mencatat bahwa UPSI saat ini memiliki 26.000 mahasiswa, termasuk 6.000 mahasiswa tingkat S2 dan S3. Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff juga menekankan bahwa UPSI memiliki 1.600 mahasiswa internasional, terutama dari China, Indonesia, dan negara-negara Timur Tengah. Beliau juga menyoroti pentingnya Fakultas Komputer dan Meta Teknologi UPSI dalam era program digital saat ini.

Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff menyebutkan bahwa UPSI masih terus belajar dari UNY, terutama dalam konteks Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY, yang merupakan fakultas keolahragaan pertama di Asia Tenggara. 

Kerjasama kedua universitas akan melibatkan pertukaran profesor, penelitian bersama, penulisan artikel bersama, dan pelatihan. Dia juga mengundang mahasiswa UNY untuk belajar di UPSI dan sebaliknya, serta mengumumkan rencana pelaksanaan program dual degree antara FSSK UPSI dan UNY.

Prof. Siswantoyo, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, menekankan bahwa kerjasama antara UNY dan UPSI telah menghasilkan banyak manfaat, termasuk publikasi bersama dalam jaringan internasional. 

Dia mengusulkan agar dosen yang ingin mempublikasikan karya ilmiah dapat mencantumkan nama dari UPSI dalam jurnal mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan peringkat QS Ranking dan memungkinkan saling mengutip jurnal dari kedua universitas.

Selain itu, Prof. Siswantoyo juga mengungkapkan rencana UNY untuk membuka fakultas kedokteran dan meminta kontribusi dari UPSI yang memiliki latar belakang dalam bidang kedokteran untuk mendukung penelitian. 

Fakultas lain di UNY juga diundang untuk memperkuat kerjasama dengan UPSI dalam program dual degree, baik untuk tingkat master maupun doktor. Wakil Rektor juga menawarkan kesempatan studi lanjut bagi mahasiswa UPSI yang telah menyelesaikan studi mereka dengan beasiswa UNY.

Selama acara, Dekan Fakulti Sains Sukan dan Kejurulatihan Dr. Jaffry bin Zakaria dan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY Prof. Wawan Sundawan Suherman menandatangani dokumen kerjasama, yang kemudian diikuti oleh diskusi intensif antara UNY dan UPSI serta pertukaran cenderamata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here