Tonti SMP dan SMA Bantul Beraksi di Kompetisi Bergengsi Gebyar Indonesia Maju 2023

27
Pasukan Peleton Inti dari Sekolah untuk Mengikuti Gebyar Indonesia Muda 2023 (Foto : Pemkab Bantul)

BeritaYogya.com – Ratusan siswa tingkat SMP dan SMA setara terlihat berkumpul di kawasan Pasar Seni dan Wisata Gabusan pada hari Minggu (19/11/2023). 

Beberapa dari mereka terlihat tengah serius dalam diskusi, sementara yang lain sibuk memperbaiki seragam mereka, memeriksa ketertiban dan kelengkapan perlengkapan mereka sambil menunggu giliran untuk tampil. 

Kelompok siswa ini merupakan bagian dari pasukan peleton inti atau yang dikenal sebagai tonti, yang diutus oleh setiap sekolah di Kabupaten Bantul untuk mengikuti Gebyar Indonesia Muda 2023.

Gebyar Indonesia Muda (GIM) adalah sebuah acara tahunan yang diinisiasi oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bantul. 

Dengan telah dilaksanakan delapan kali, GIM secara konsisten menyelenggarakan kompetisi baris berbaris yang menjadi salah satu ajang bergengsi bagi para pelajar di Kabupaten Bantul.

“Di Bantul, GIM sudah diadakan sebanyak delapan kali. Lomba baris-berbaris untuk pelajar SMP dan SMA selalu menjadi yang paling dinantikan. Meskipun ada juga lomba mewarnai untuk siswa PAUD dan TK, tetapi lomba baris-berbaris memiliki daya tarik tersendiri. Animonya cukup tinggi. Pada tahun ini, terdapat 56 pasukan yang mendaftar, terdiri dari 18 tonti SMP dan 38 tonti SMA,” jelas Ketua Penyelenggara, Dana Dyaksa.

Dana menambahkan bahwa dalam lomba baris-berbaris kali ini, ada empat pos yang harus dilewati oleh peserta. 

Setiap pos memiliki materi ujian yang berbeda. Keberhasilan atau penilaian di setiap pos dilihat dari tingkat kekompakan, kebenaran teknis, dan kemampuan komandan.

Onestia Ramadani, seorang peserta dari SMA 1 Imogiri, menyatakan kegembiraannya dan perasaan haru saat mengikuti GIM. 

Ia dan rekan-rekannya dalam satu peleton merasa puas dengan latihan selama dua bulan yang terbayar dengan penampilan baik mereka hari ini.

“Sangat senang dan terharu. Kami berlatih selama dua bulan dan hari ini berhasil melewati setiap pos dengan baik. Terutama karena kami mendapatkan banyak apresiasi dari penonton,” tutur Onest.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Isdarmoko, yang turut hadir dan membuka acara, menyatakan bahwa acara yang diselenggarakan oleh PPI ini memberikan manfaat besar bagi para pelajar. 

Menurutnya, perlu adanya lebih banyak kegiatan sejenis Gebyar Indonesia Emas untuk memastikan semakin banyak kegiatan positif yang bermanfaat bagi pelajar Bantul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here